Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendonor Linux Paling Dermawan, Google atau Samsung?

Kompas.com - 24/07/2013, 14:28 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Hampir tiga tahun kernel Linux 2.6.36 dirilis ke publik pada Oktober 2010. Sejak saat itu, aktivitas sponsor untuk Linux banyak berubah. Linux Foundation merilis statistik terbaru 20 perusahaan dengan kontribusi terbesar ke organisasi tersebut.

Menurut Linux Foundation, perusahaan-perusahaan ini tidak hanya menambah dukungan perangkat keras untuk kernel, tetapi juga mengembangkan area kernel inti, seperti scheduler dan manajemen memori.

Seperti dikutip dari Tizen Indonesia, Samsung kini tercatat sebagai kontributor paling aktif dan telah meningkatkan persentase komitmen sponsor mereka menjadi 1,83 kali.

Peringkat kedua ditempati oleh Texas Instruments, lalu diikuti Broadcom dan Wolfson Microelectronics. Sementara di peringkat 5 dan 6 ditempati oleh Nokia dan Google.


Samsung mulai mengadopsi teknologi open source sekitar 10 tahun lalu dalam beberapa perangkat pra-rupa PDA dan alat rumah tangga. Lalu perusahaan memakai Linux ke televisi layar datar, dan diperluas lagi ke ponsel pintar, tablet, dan kamera digital.

Samsung mencoba berkontribusi lebih untuk proyek dan inovasi teknologi open source dengan membentuk Samsung Open Source Group (OSG) di San Jose, Amerika Serikat, pada Maret 2013. Samsung OSG juga memiliki kantor di Korea Selatan, Inggris, dan Finlandia.

Perusahaan asal Korea Selatan ini memperkerjakan 20.000 pengembang perangkat lunak yang dapat bekerja untuk teknologi open source. Samsung juga akan menambah jumlah tenaga kerja untuk mendukung open source.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com