Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan Asus Rilis Tablet Nexus 7 Terbaru

Kompas.com - 25/07/2013, 09:24 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Google kembali mempercayakan Asus untuk memproduksi tablet Nexus 7 generasi kedua. Produk yang dirilis pada Rabu (24/7/2013) ini, mengalami peningkatan dari sisi komponen dan tetap dibanderol dengan harga terjangkau.

"Nexus 7 baru dirancang untuk menguntungkan siapa saja yang terlibat. Penjual, kita, siapa saja yang terlibat," kata Head Android and Chrome Software Google, Sundar Pichai, seperti dikutip dari Reuters.

Dengan desain layar 7 inci, tablet ini mendukung resolusi 1.920 x 1.200 pixel dan kepadatan 323 pixel per inci. Panel layar IPS yang dipakai tidak hanya anti-gores, tetapi juga anti-sidik jari dan noda.

Dari sisi desain ia tampil lebih langsing dan ringan. Ketebalannya hanya 7,9 mm dan bobot 317,5 gram. Bagian samping layar dibuat lebih tipis, yang tentu akan mengingatkan Anda pada desain Apple iPad Mini.

Bukan Google namanya jika tidak membekali produknya dengan spesifikasi mantap. Nexus 7 memakai prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro quad-core 1,5GHz Krait, RAM 2GB, dan unit pemroses grafis Adreno 320.

Semua komponen mumpuni itu berjalan dengan sistem operasi Android terbaru, yakni versi 4.3 (Jelly Bean).

Google mendengar keluhan konsumen dari produk Nexus 7 generasi pertama yang tidak memiliki kamera belakang. Di tablet terbarunya, Google membekali kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,2 MP.

Nexus 7 generasi 2 hadir dalam dua versi. Yang mendukung jaringan Wi-Fi plus seluler dan memori internal 32GB dihargai 349 dollar AS. Sementara yang versi Wi-Fi only tersedia dalam dua pilihan memori internal, yakni 16GB dengan harga 230 dollar AS dan 32GB seharga 270 dollar AS.

Di sisi konektivitas, produk ini mendukung jaringan NFC, Bluetooth, dan MicroUSB. Namun, Nexus 7 generasi 2 tidak menyediakan slot MicroSD untuk memperluas media penyimpanan data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com