Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Rilis PC Desktop dengan Standar Militer

Kompas.com - 25/07/2013, 10:06 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan PC desktop secara global terus melambat. Namun, hal tersebut tidak menghalangi Hewlett-Packard (HP) untuk terus merilis lini produk PC desktop terbaru.

Tidak tanggung-tanggung, dalam sebuah acara di Jakarta, Rabu (24/7/2013), HP merilis 4 seri PC desktop sekaligus, yaitu EliteOne 800 G1, EliteDesk 800 G1, ProOne 600 G1, dan ProDesk 600 G1. Keempatnya ditujukan pada segmen bisnis.

Hadir sebagai perangkat bisnis, HP melengkapi perangkat-perangkat tersebut dengan berbagai fitur yang tidak ada di perangkat PC konsumer.

Sebagai contoh, keempatnya dilengkapi dengan fitur keamanan yang dinamakan HP Client Security. Menggunakan fitur tersebut, pengguna dapat melindungi perangkat pada setiap lapisan, termasuk hardware, software, dan juga BIOS.

Nilai tambah lainnya, produk-produk tersebut sudah melewati uji standar militer. Menurut Ricky Handrian, MDM Business PC Desktop HP Indonesia, standarisasi tersebut mencakup daya tahan, goncangan, dan juga suhu.

Perangkat-perangkat ini harus tahan ditimpa atau menahan berat dengan bobot maksimal 75 kg. Selain itu, produk dengan standarisasi militer harus tahan goncangan, meskipun telah dibawa bepergian dalam sebuah mobil dalam jarak yang jauh.

"Perangkat yang lulus sertifikasi ini harus tetap dapat beroperasi, meski sudah dibawa dan mengalami goncangan dalam truk, misalnya, sejauh 1.000 mil," kata Ricky.

Seri HP EliteOne 800 G1 merupakan versi All-in-one PC dari EliteDesk 800 G1. Produk yang satu ini tersedia dalam versi layar sentuh dan juga non-sentuh.

Para peminat dapat memilih spesifikasi dari produk tersebut. Untuk EliteOne 800 G1, spesifikasi yang tersedia adalah prosesor hingga Intel Core generasi 4 Haswell, Windows 8 Pro, RAM hingga 16 GB, HDD hingga 1 TB, dan layar LED 23 inci.

Sementara itu, versi dekstop dari perangkat ini, EliteDesk 800 G1, hadir dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi, yaitu prosesor Intel Core generasi 4 Haswell, Windows 8 Pro, RAM 32 GB, dan HDD hingga 2 TB.

Mengusung konsep yang sama dengan EliteBook 800, HP ProOne 600 G1 merupakan versi all-in-one PC dari HP ProDesk 600 G1. Untuk masalah spesifikasi, kedua produk ini memiliki pilihan yang sama dengan seri Elite 800.

Lantas, apa yang membedakan kedua seri ini? Menurut Ricky, kedua seri tersebut memiliki dukungan platform prosesor yang berbeda. Seri 800 menggunakan platform Intel Q87. Sedangkan seri Pro 600 menggunakan Q85.

"Seri ProDesk 600 merupakan versi downgrade dari EliteBook 800. Perangkat ProDesk 600 tentu lebih murah dari EliteBook 800. Ya, anggap saja ProDesk 600 sebagai adik dari EliteBook 800," tutup Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com