Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Raup Untung Besar dari Iklan Mobile

Kompas.com - 26/07/2013, 10:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Facebook sedang berusaha mengembangkan produk dan bisnisnya ke perangkat mobile. Upaya itu mulai berbuah manis setelah pendapatan dari iklan mobile naik cukup signifikan.

Jejaring sosial internet terbesar ini membukukan pendapatan sebesar 1.813 miliar dollar AS pada kuartal dua tahun 2013, atau naik 53 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi terbesarnya berasal dari iklan, yakni sebesar 88 persen.

Keuntungan Facebook dari iklan di kuartal ini mencapai 1,6 miliar dollar AS atau naik 61 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Perusahaan menyatakan 41 persen dari jumlah tersebut atau 656 juta dollar AS dihasilkan berkat iklan di perangkat mobile. Ini berarti, pendapatan iklan mobile Facebook tumbuh 30 persen dari kuartal pertama tahun 2013.

Kabar ini sontak membuat harga saham Facebook naik di bursa saham Nasdaq, New York. Upaya Facebook mendulang untung dari perangkat mobile menuai hasil baik.

"Dalam studi baru, orang telah mengatakan kepada kami bahwa mereka telah melihat terlalu banyak iklan. Jadi kita akan berinvetasi dalam meningkatkan kualitas," ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg, seperti dikutip dari Reuters.

Di kuartal ini, Facebook berhasil menghasilkan laba bersih sebesar 333 juta dollar AS. Padahal, pada periode yang sama tahun 2012, Facebook mengalami kerugian bersih hingga 157 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com