Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S4 Anti-air Tidak Digaransi "Tahan Air"

Kompas.com - 30/07/2013, 14:56 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Samsung memperkenalkan Galaxy S4 Active sebagai ponsel pintar tangguh yang dibekali kapabilitas tahan air dan debu. Anehnya, Samsung ternyata tidak memberikan garansi perangkat apabila produk ini rusak akibat air.

Beberapa pengguna Galaxy S4 Active mengeluhkan masalah garansi tersebut dalam situs berbagi konten Reddit. Setelah diselidiki lebih lanjut dalam buku manual ponsel, memang terdapat sebuah pasal yang menyebutkan garansi dari Samsung tidak memberikan kerusakan akibat air.

"Garansi Terbatas tidak menanggung: (a) cacat atau rusak yang disebabkan oleh kecelakaan, salah penggunaan, penggunaan tidak normal, kondisi tidak normal, penyimpanan tidak pantas, terkena cairan, lembab, pasir atau tanah, kelalaian, atau fisik yang tidak biasa...," tulis Samsung.

Memang ada beberapa syarat yang harus diikuti pengguna untuk membuat perangkat tetap hidup, meski terkena air. Sebagai contoh, Samsung, seperti dikutip dari Venture Beat, Senin (29/7/2013), meminta para penggunanya untuk menutup rapat port-port yang ada, seperti pengisi daya dan audio 3,5mm, sebelum masuk ke air.

"Sangat penting bahwa semua kompartemen ditutup rapat. Ikuti tips berikut untuk mencegah kerusakan perangkat," kata Samsung.

Produk ini juga tidak boleh dibawa menyelam ke kedalaman air lebih dari 3 kaki dan tidak boleh melebihi waktu yang telah ditetapkan, yaitu melebihi 30 menit. Syarat ini ditetapkan karena Galaxy S4 Active masuk ke sertifikasi IP67.

Meskipun begitu, dengan adanya pasal ini, tentunya para pengguna akan ketakutan untuk membawa produk tersebut ke dalam air, sebuah hal yang sebenarnya banyak dikampanyekan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Para pengguna ini tentu akan khawatir apabila produk mereka rusak akibat air, tetapi Samsung tidak akan memperbaiki atau mengganti produk yang diklaim tahan air ini.

Bagaimana dengan Anda? Apabila sudah memiliki produk Galaxy S4 Active, maukah membawanya masuk ke air?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com