Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Instagram Tiba-tiba Menghilang

Kompas.com - 31/07/2013, 09:32 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Foto-foto yang dipublikasi di Instagram tiba-tiba menghilang pada Selasa (30/7/2013). Hal ini hanya dialami sebagian pengguna yang memakai aplikasi pihak ketiga untuk memublikasi foto di Instagram (Instagram client).

Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna aplikasi Instance, yang merupakan aplikasi Instagram client paling populer di Windows Phone. Beberapa saat setelah diunggah, foto menghilang dari timeline sehingga tak bisa dilihat oleh pengguna lain. Namun, foto dari Instance masih tersimpan di galeri foto pemilik akun Instagram.

Hal ini disebabkan karena Instagram mengubah Application Programming Interface (API) yang dipakai aplikasi pihak ketiga seperti Instance, Hipstamatic, maupun 6stagram.

"Kami baru saja membuat update ke sistem yang kita gunakan untuk melawan spam, dan untuk membantu mencegah serangan di masa depan serta meningkatkan keamanan," kata juru bicara Instagram seperti dikutip dari The Verge.

Pihak Instagram menjelaskan, hilangnya foto ini tidak secara spesifik menargetkan suatu aplikasi tertentu atau sistem operasi tertentu.

Pengembang aplikasi Instance, Daniel Gary mengatakan, Instagram punya hak untuk mengunci API kepada aplikasi pihak ketiga. Namun, ia berharap Instance bisa mendapatkan akses lagi ke Instagram.

Setelah tim teknis Instagram melakukan perbaikan, beberapa pengguna Instance melaporkan sudah berhasil mengunggah foto ke Instagram.

Aplikasi resmi Instagram hingga kini belum hadir di Windows Phone 8. Momentum ini dimanfaatkan pengembang untuk membuat aplikasi Instagram client dan menjualnya di Windows Phone Store.

Nokia, sebagai produsen ponsel Windows Phone terbesar, baru saja bermitra dengan aplikasi Hipstamatic yang bisa digunakan untuk memublikasi foto di Instagram. Hipstamatic dijadikan daya tarik oleh Nokia agar pengguna Instagram mau beralih ke Windows Phone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com