Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Z30, Ponsel BlackBerry Selanjutnya?

Kompas.com - 05/08/2013, 11:23 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Crackberry
KOMPAS.com — BlackBerry A10 disinyalir tidak akan menggunakan nama tersebut pada peluncurannya nanti. Kemungkinan, perangkat yang memiliki nama kode Aristo ini akan menggunakan nama resmi: Z30.

Informasi terkait penggunaan nama Z30 ini untuk pertama kalinya muncul dari bocoran sistem operasi BlackBerry 10 versi terbaru. Dalam bocoran tersebut, terdapat beberapa baris kode yang mengungkapkan nama dan logo Z30.

Prediksi nama tersebut sebenarnya pernah mencuat beberapa waktu yang lalu meskipun tidak secara spesifik menyebutkan penamaan Z30. Beberapa waktu lalu, situs pecinta BlackBerry, CrackBerry, sempat memamerkan beberapa foto yang berisikan gambar perangkat yang diduga sebagai A10.

Dalam satu gambar, terlihat bagian cangkang belakang produk ini sedang dalam keadaan terbuka. Di dalamnya, terlihat baterai perangkat tersebut yang memiliki label nama Z Kosong Kosong (Z00).

Selain nama, dalam bocoran sistem operasi tersebut, terdapat berbagai informasi terkait dengan BlackBerry Z30. BlackBerry, entah disengaja atau tidak, menaruh beberapa gambar resmi dari produk ini.

Crackberry
BlackBerry Z30
BlackBerry juga menaruh dua video tutorial dari perangkat ini. Kedua video tersebut akan mengajarkan beberapa gestur dasar dan juga setting yang dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat.

Dalam video ini, terlihat juga bentuk utuh dari Z30. Bentuk tersebut sangat mirip dengan foto bocoran A10 yang telah banyak beredar.

Tentu saja, kebenaran dari semua bocoran ini baru akan terkonfirmasi pada saat perilisan resminya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com