Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Ditinggal Pelopor "Hashtag"

Kompas.com - 06/08/2013, 12:45 WIB
Aditya Panji

Penulis

Chris Messina
KOMPAS.com — Chris Messina, seseorang yang dikenal memelopori pemakaian simbol "#" alias hashtag (tanda pagar atau tagar) di media sosial, memutuskan hengkang dari Google setelah bekerja selama tiga setengah tahun lebih.

Messina bergabung di Google pada 2009 sebagai Developer Relations Lead Google Buzz, sebuah layanan jejaring sosial Google yang berumur pendek. Beberapa tahun terakhir ini, ia bergabung dengan tim Google+ untuk urusan user experience (UX), termasuk mendesain tombol +1 (semacam interaksi Like di Facebook).

Meskipun namanya tidak terlalu dikenal, Messina punya sumbangsih untuk media sosial internet. Seperti dikutip dari AllThingsD, Messina jadi pelopor pemakaian hashtag sejak Agustus 2007.

Simbol hashtag kemudian digunakan oleh banyak media sosial untuk memberi tanda atas topik atau peristiwa yang sedang dibicarakan.

Dalam publikasi di blog pribadinya, Messina mengatakan, selanjutnya ia akan bekerja sebagai head of community and growth di sebuah perusahaan rintisan NeonMob yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Meski karyawan di perusahaan ini hanya 6 orang, Messina mengaku tertarik dengan produk NeonMob yang fokus pada produk seni digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com