Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti iPhone, Android Hilang Akhirnya Bisa Dilacak

Kompas.com - 07/08/2013, 21:23 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google mengumumkan akan meluncurkan sebuah aplikasi baru yang sudah sejak lama dinanti oleh pengguna perangkat Android, yaitu Android Device Manager (ADM), Sabtu (3/8/2013).

Aplikasi ini dibuat untuk mengantisipasi pencurian data dan informasi pengguna ponsel pintar dan tablet berbasiskan Android.

Aplikasi ini memiliki peran yang tidak jauh berbeda dari aplikasi "Find My Phone" milik Apple. Ia mampu membantu pengguna menemukan ponsel yang hilang atau dicuri, sambil melindungi data pengguna dari pihak yang tidak diinginkan.

Saat kehilangan perangkat, pengguna dapat bisa mengakses situs ADM dengan menggunakan akun Google, dan melihat lokasi terakhirnya melalui Google Maps. Satu hal yang harus diingat, fitur pencarian ini tidak akan bekerja apabila ponsel atau tablet dimatikan. Keakuratannya juga berdasarkan GPS, WiFi, dan sinyal jaringan mobile perangkat.

Jika merasa perangkat terselip atau hilang tak jauh dari lokasi, Anda bisa menggunakan fitur "Ring". Melalui situs ADM, tinggal tekan tombol Ring, maka perangkat akan "berteriak" dengan volume suara maksimal, bahkan jika ponsel pengguna sedang dalam mode diam atau silence.

Akhirnya, seperti dikutip dari The Register, jika pengguna sudah merasa tidak dapat menemukan perangkatnya lagi, mereka bisa menghapus semua data yang ada. ADM memberikan pilihan untuk menghapus data yang ada secara remote.

Google masih belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran aplikasi ADM, tetapi berjanji untuk menghadirkannya pada bulan ini juga. Aplikasi ini mendukung sistem operasi versi Android 2.2 ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com