Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Telkom Dicuri, 3G Telkomsel Terganggu

Kompas.com - 12/08/2013, 17:28 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Layanan internet 3G dari Telkomsel mengalami gangguan sejak Minggu siang (11/8/2013) pukul 12.00 WIB. Hal ini disebabkan putusnya kabel fiber optic kapasitas 96 core dan kabel tembaga kapasitas 1.400 satuan sambungan telepon milik perusahaan induk Telkom di wilayah Medan, Sumatera Utara.

"Konsekuensinya, trafik internet melalui jaringan 3G Telkomsel sedikit melambat tapi masih bisa berfungsi serta gangguan komunikasi data dan internet beberapa pelanggan korporat," kata Arif Prabowo, Vice President Public Relations Telkom, dalam keterangan resmi yang KompasTekno terima, Senin (12/8/2013).

Mengetahui adanya masalah ini, pihak Telkom pun langsung bergerak cepat dengan melakukan perbaikan kabel.

"Telkom sedang melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan secepatnya pulih," ujar Arif.

Sambil menunggu perbaikan, Telkom mengalihkan sebagian trafik melalui jalur transmisi lain dan radio transmisi digital dengan memprioritaskan layanan publik dan layanan Telkomsel.

"Dengan kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada para pelanggan, karena akses layanan komunikasi di beberapa lokasi di Medan terganggu, baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet serta komunikasi data," kata Arif.

Gangguan layanan ini tampaknya tidak akan berlangsung lama. Telkom memprediksi layanan bisa kembali pulih pada Selasa (13/8/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com