Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balon Berhadiah "Smartphone" Bikin Kisruh di Korea

Kompas.com - 14/08/2013, 10:58 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Untuk mempromosikan ponsel pintar terbarunya di Korea Selatan, LG membuat sebuah acara: membagi-bagikan perangkat tersebut secara gratis melalui ratusan balon. Sayangnya, karena tidak siapnya pihak panitia, acara tersebut malah berubah menjadi petaka.

Promosi tersebut sebenarnya cukup menarik. LG menerbangkan sekitar 100 balon helium ke udara. Beberapa di antara balon tersebut berisikan voucer yang dapat ditukarkan dengan LG G2 seharga 950.000 won atau sekitar Rp 8,5 juta.

Untuk mempromosikan acara ini, pihak penyelenggara mengundang para konsumen melalui jejaring sosial. Mereka meminta konsumen melihat acara pelepasan dan mempersilakan untuk merebut balon-balon tersebut.

Namun, acara tersebut tidak berjalan sesuai perkiraan. Para peserta langsung berubah "buas" dan mengandalkan berbagai cara untuk mendapatkan voucer. Banyak dari peserta yang membawa "senjata" untuk memenangkan hadiah menarik ini.

Beberapa di antaranya terlihat membawa pistol angin, tongkat dengan pisau di ujungnya, dan masih banyak lagi.

Saat balon dilepas, beberapa peserta tampak menembakkan pistol angin secara membabi buta ke udara. Seperti yang diduga, banyak balon yang berhasil pecah karena tembakan tersebut. Namun, banyak juga para peserta yang terluka akibat peluru nyasar. Total ada 20 orang yang terluka.

"Sejauh yang saya tahu, hanya ada 20 petugas keamanan di acara ini. LG seharusnya menempatkan lebih banyak personel keamanan untuk acara yang dipromosikan melalui jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan situs lokal. Beberapa yang terluka sampai harus masuk rumah sakit," tulis seorang bloger yang berada di kerumunan peserta, seperti dikutip dari The Register, Rabu (14/8/2013).

Pihak LG sendiri mengaku kesulitan dalam mengontrol massa. Perusahaan pesaing Samsung ini memutuskan untuk membatalkan acara serupa yang sudah direncanakan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com