Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pilih LG untuk Bikin Nexus 5?

Kompas.com - 15/08/2013, 09:07 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Google dikabarkan telah menunjuk LG untuk mengembangkan dan memproduksi ponsel pintar Nexus generasi terbaru, yaitu Nexus 5. Berita dari sebuah media Korea Selatan mengungkapkan, produk ini akan memiliki model dasar dariLG G2, produk termutakhiryang baru diumumkan beberapa saat lalu, tetapi dengan harga tidak jauh berbeda dari Nexus 4.

LG G2 sendiri sebenarnya memiliki harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar 950.000 won atau Rp 8,5 juta. Dengan harga setinggi ini, LG G2 dilengkapi spesifikasi perangkat keras yang tinggi pula, seperti prosesor Snapdragon 800 2,26 GHz buatan Qualcomm, RAM 2 GB, dan kapasitas penyimpanan internal 16 GB atau 32 GB.

Harga Nexus 4 di Google Play Store AS sebenarnya tidaklah terlalu tinggi, hanya 299 dollar AS. Untuk mendekati harga ini, LG diprediksi akan mengganti komponen prosesor. Saat ini, G2 menggunakan prosesor kelas teratas Qualcomm, Snapdragon 800. Sebagai gantinya, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (14/8/2013), perusahaan asal Korea Selatan ini akan memilih Snapdragon 600.

Selain prosesor, tampaknya tidak akan ada perubahan terlalu jauh untuk spesifikasi. Nexus 5 akan tetap menggunakan layar 5,2 inci dengan resolusi Full HD, RAM 2 GB, kamera 13 megapiksel, baterai 3.000 mAh, dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB atau 32 GB.

Awalnya, banyak yang menyangka bahwa Google tidak akan memilih LG lagi. Google sempat diduga akan memilih anak perusahaan Motorola untuk mengerjakan produk baru ini. Namun, Motorola tampaknya akan fokus mengembangkan dan membesarkan nama Moto X terlebih dahulu, sebelum mengerjakan proyek lain.

Google memang gemar menggilir vendor yang ditunjuk untuk mengembangkan produk ponsel Nexus. Di edisi pertama, Google bekerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, HTC. Di edisi-edisi berikutnya, raksasa internet ini memilih Samsung dan LG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com