Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tumbang 5 Menit, Lalu Lintas Internet Anjlok

Kompas.com - 20/08/2013, 06:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Pernah membayangkan seberapa besar pengaruh Google terhadap internet dunia? Kejadian berikut ini mungkin bisa memberi sedikit gambaran.

Pada Jumat (16/8/2013) lalu, layanan-layanan Google, termasuk Search, Gmail, dan YouTube, sempat tumbang dan tak bisa diakses dari pukul 23.52 hingga 23.57 British Summer Time (BST).

Dalam jangka waktu yang hanya 5 menit itu, seperti dilaporkan oleh Cnet, firma analisis GoSquared mencatat penurunan lalu lintas internet dunia (pageview) sebesar 40 persen.

GoSquared
Grafik penurunan lalu lintas internet dunia ketika layanan-layanan Google tumbang pada 16 Agustus 2013 berdasarkan pantauan GoSquared.

Grafik dari GoSquared di atas memperlihatkan penurunan tajam lalu lintas internet, disusul oleh spike atau kenaikan sesaat setalah layanan Google kembali online dan para pengguna bisa mengakses tujuan mereka.

"Hal tersebut (tumbangnya layanan Google) berdampak sangat besar terhadap jumlah pageview yang tercatat oleh pantauan real-time kami, yaitu penurunan sekitar 40 persen," tulis GoSquared. "Sebagai pengguna internet, kita sangat tergantung pada Google.com."

Google, melalui pesan di Apps Dashboard miliknya, membenarkan bahwa layanan-layanannya memang sempat tumbang. "Kami menyadari permasalahan Gmail yang dialami sejumlah pengguna. Para pengguna ini tidak bisa mengakses Gmail dan melihat pesan eror atau hal lain yang tidak biasa," tulis Google, sebagaimana dikutip oleh The Inquirer.

Tak lama kemudian, muncul sebuah pesan lain yang menyatakan bahwa sebanyak 50 hingga 70 persen layanan Google mengalami eror antara pukul 15.51 hingga 15.52 waktu Pasifik (PDT). "Kebanyakan layanan berhasil dikembalikan seperti semula satu menit setelahnya, dan secara keseluruhan telah pulih dalam jangka waktu empat menit."

Selain menunjukkan besarnya pengaruh Google, hal ini juga memperlihatkan bahwa para pesaing raksasa internet tersebut—semisal Yahoo dan Bing—belum sempat diminati pengguna karena tak mampu berbuat banyak ketika kejadian tersebut berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com