Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Sampaikan Tanggal Peluncuran PS4

Kompas.com - 21/08/2013, 10:51 WIB
Sony akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran konsol PlayStation4.

Mesin permainan generasi terbaru dari Sony ini akan mulai tersedia di Amerika Utara pada 15 November mendatang, sementara penggemarnya di Eropa baru bisa mendapatkan PlayStation4 pada 29 November.

Pesaing mereka, Microsoft yang baru memproduksi konsol Xbox One mengatakan konsol tersebut juga akan dilepas pada bulan November.

Sejumlah ahli mengatakan produk terakhir Sony ini kemungkinan akan kembali mengangkat nama Sony lagi namun yang terpenting bagi mereka adalah ketersediaan perangkat lunak permainan.

Ini akan menentukan keunggulan Sony dibanding pesaingnya Microsoft.

"Sony telah membuat kemajuan yang luar biasa saat mereka menyiapkan peluncuran PS4, namun konsol ini masih kurang mengeluarkan game eksklusif," kata Rob Crossley, Editor pada sebuah situs yang mengulas game.

"Dalam konferensi persnya, Sony sekali lagi menunjukan perusahaan itu memiliki hubungan yang baik dengan komunitas pengembang indie.... Namun eksekutif Sony tidak diragukan lagi tetap merasa tidak nyaman melihat daftar permainan utama ekslusif Xbox One terus tumbuh."

Sony mengatakan saat ini sudah ada lebih dari satu juta orang yang memesan untuk mendapatkan konsol mereka.

Mereka mengatakan PS4 sudah bisa didapatkan di 32 negara saat musim libur natal mendatang.

Sony sebelumnya mengatakan cakram padat permainan bekas juga bisa dimainkan di PlayStation4.

Divisi permainan video Sony mencetak pemasukan 7,5 miliar dollar AS dalam tahun finansial 2012, atau kurang dari 10% pendapatan total mereka.

Sony menyadari penjualan PS Vita yang dibuat dalam bentuk genggam tidak mencapai target, sehingga hal ini menambah tekanan pada PS4 agar tidak mengulangi kegagalan PS Vita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com