Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Phablet", "Emoji", dan "Selfie" Resmi Masuk Kamus

Kompas.com - 29/08/2013, 13:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CBS News

KOMPAS.com — "Emoji"? "Phablet"? Apa pula yang dimaksud dengan "selfie"?

Untuk mereka yang belum mengetahui arti kata-kata baru yang muncul dari dunia teknologi tersebut, jawabannya bisa ditemukan di kamus online bahasa Inggris Oxford Dictionary karena mereka telah secara resmi ditambahkan ke sumber referensi itu.

Di sana, "emoji" didefinisikan sebagai gambar digital kecil atau ikon yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau emosi dalam komunikasi elektronik.

"Phablet" adalah smartphone yang ukuran layarnya berada di antara komputer tablet dan smartphone lain pada umumnya. Sementara itu, "selfie" adalah gambar diri sendiri yang biasanya diambil dengan smartphone atau webcam untuk diunggah ke media sosial.

Kata-kata lainnya yang juga baru ditambahkan termasuk "hackerspace", "bitcoin", dan istilah dalam percakapan sehari-hari di internet, seperti akronim "TL; DR" (too long, didn't read), "BYOD" (bring your own device), bahkan "srsly" (seriously).

Kata yang terakhir disebut rupanya sudah beredar sejak akhir abad ke-18 dalam sebuah panduan menulis simbol dan singkatan.

Dikutip dari CBS News, penambahan kosakata di kamus online tersebut diumumkan oleh Oxford University Press pada Rabu (28/8/2013) kemarin. Tahun lalu, Oxford juga menambahkan sejumlah kata baru seperti "tweeps" dan "photobomb". Daftar selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CBS News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com