Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SmartShot, Modul "Upgrade" Kamera Ponsel dari Sony

Kompas.com - 02/09/2013, 15:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sony dikabarkan bakal segera merilis "modul upgrade" kamera untuk smartphone. Produk berbentuk mirip lensa kamera ini sejatinya adalah kamera lengkap -termasuk sensor dan pemroses gambar- yang "ditempelkan" di belakang smartphone dan tersambung ke perangkat pintar tersebut secara nirkabel.

Nah, salah satu kabar terbaru yang dilansir oleh Sony Alpha Rumors menyebutkan bahwa modul upgrade itu nantinya bakal memiliki panggilan resmi "Smart Shot". Nama tersebut mungkin adalah gabungan kata "Smartphone" dan "Cybershot", lini kamera digital milik Sony.

Modul upgrade kamera ini nantinya disinyalir bakal tersedia dalam dua jenis, yaitu DSC-QX10 dan DSC-QX100. Bedanya terletak pada jenis lensa dan sensor.

sonyalpharumors.com
Bocoran gambar Sony "Smart Shot" DSC-QX10

DSC-QX100 disebut memiliki sensor 20,2 megapixel yang sama dengan yang tertanam pada kamera digital premium Sony RX100 Mark II, dipasangkan dengan lensa zoom 3x "Carl Zeiss".

Sementara, DSC-QX10 kabarnya bakal mengusung sensor 18 megapixel seperti pada kamera Sony WX150, dipadu lensa zoom 10x. Berdasarkan bocoran gambar yang beredar, DSC-QX10 agaknya juga akan tersedia dalam pilihan warna putih dengan aksen emas pada tabung lensa.

Baik DSC-QX10 maupun DSC-QX100 akan dilengkapi anti guncangan atau optical image stabilizer. Fitur lain termasuk WiFi/ NFC, slot memori micro-SD, dan baterai internal.

sonyalpharumors.com
Bocoran gambar Sony "Smart Shot" DSC-QX100

Karena tersambung ke perangkat smartphone, disebutkan pula bahwa pengaturan-pengaturan foto seperti zoom, exposure, white balance, dan fokus bisa dilakukan dari ponsel pintar. Hasil tangkapan gambarnya pun bisa disimpan di smartphone dan unit modul lensa secara bersamaan.

Bagaimana dengan harganya? DSC-QX10 dilaporkan bakal dibanderol seharga 250 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta, sementara harga DSC-QX100 dipatok sebesar 450 dollar AS atau Rp 4,8 juta. Kedua perangkat ini diperkirakan bakal resmi diumumkan pada 4 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com