Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Microsoft-Nokia Baru "Sukses" pada 2017

Kompas.com - 06/09/2013, 14:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Tampilan Windows Phone 8

KOMPAS.com — Seusai pengumuman akuisisi atas Nokia, Microsoft mengungkapkan targetnya untuk meningkatkan pangsa pasar global Windows Phone hingga mencapai 13,2 persen pada 2018. Apakah harapan itu realistis atau terlalu muluk?

IDC agaknya setuju dengan angka yang diajukan Microsoft. Dikutip dari BGR, lembaga riset ini pada Rabu (4/9/2013) lalu merilis perkiraan kondisi pasar smartphone pada 2017.

Pada 2017 yang hanya berselisih setahun dari target Microsoft tersebut, pangsa Windows Phone diestimasi IDC bakal mencapai "dua digit", yaitu 10,2 persen.

Sebagai perbandingan, pangsa pasar global Windows Phone saat ini terpaut di angka 3,7 persen, menurut data kuartal II-2013 dari IDC.

Tambahan pangsa pasar Windows Phone itu diperkirakan berasal dari Android, yang pangsa pasarnya diperkirakan turun dari 79,3 persen saat ini menjadi 68,3 persen pada 2017.

Di sisi lain, platform iOS besutan Apple diproyeksikan naik menjadi 17,9 persen sehingga urutan pertama dan kedua di pasar smartphone akan tetap dikuasai oleh platform tersebut dan Android.

Adapun angka pengapalan smartphone secara keseluruhan diprediksi bisa mencapai 1,7 miliar unit pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com