Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quark, Prosesor "Wearable Gadget" Besutan Intel

Kompas.com - 11/09/2013, 09:05 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor Intel mengumumkan keluarga prosesor terbaru berukuran sangat kecil yang diberi nama Quark. Perusahaan itu mengklaim Quark merupakan prosesor System-on-Chip (SoC) pertama yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm).

Seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, CEO Intel Brian Krzanich, mengatakan, Quark dirancang untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan internet.

Selain untuk komputer pribadi dan perangkat mobile, prosesor Quark juga dibuat untuk peralatan kesehatan dan perangkat yang dipakai di tubuh manusia (wearable device/gadget), termasuk jam tangan dan kacamata pintar. Tak menutup kemungkinan, perangkat macam ini di masa mendatang akan terhubung dengan internet.

"Kami memimpin teknologi manufaktur prosesor dan arsitektur, dan akan terus mendorong produk kami agar mampu mengkonsumsi daya lebih rendah. Strategi kami adalah memimpin di semua bidang komputasi," ujar Krzanich dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Selasa (10/9/2013).

Pada kesempatan ini, Krzanich juga menyatakan fokus Intel untuk membuat prosesor yang mendukung jaringan nirkabel 4G LTE. Ini berarti, prosesor Intel yang memakai basis arsitektur x86, akan bersaing melawan prosesor dengan basis arsitektur ARM yang telah mendukung 4G LTE. Salah satu pemain besarnya, antara lain adalah Qualcomm.

Intel meyakini bahwa bisnis komputasi akan mengarah kepada perangkat yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih fleksibel.

"Ini (Quark-red) merupakan produk terkecil yang pernah kami bangun," kata Presiden Intel Renee James. Ia menjelaskan, Quark memiliki ukuran seperlima prosesor Atom dan 10 kali lebih hemat daya.

CEO Intel Brian Krzanich dan Presiden Intel Renee James, menjadi pembicara inti dalam IDF 2013. Ini adalah penampilan perdana kedua eksekutif itu di IDF, setelah menggantikan CEO dan Presiden Intel sebelumnya, Paul Otellini, yang memutuskan pensiun dini pada Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com