Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamer Laptop Tanpa Kipas

Kompas.com - 12/09/2013, 07:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Intel terus berusaha menghilangkan suara bising kipas pada produk prosesor terbaru. Bahkan, perusahaan punya misi menghilangkan unit kipas dari produk prosesornya.

Dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2013), CEO Intel Brian Krzanich memamerkan pra-rupa komputer jinjing kategori Ultrabook buatan Hewlett-Packard (HP) yang tidak memakai kipas.

Komputer yang dipamerkan itu memakai prosesor kode nama Broadwell, yang akan jadi penerus prosesor Intel Core i generasi keempat atau yang memiliki kode nama Haswell. "Laptop tanpa kipas ini sangat irit daya, karena hanya mengkonsumsi daya 4,5 watt," ujar Krzanich, seraya disambut tepuk tangan pengunjung IDF 2013.

Unit kipas selama ini digunakan untuk menyingkirkan udara panas dari dalam komputer, dan menarik udara sejuk ke dalam komputer. Selain menyejukkan, kipas juga berfungsi menjaga suhu prosesor agar tetap stabil.

Prosesor tanpa kipas ini, kata Krzanich, akan tersedia pada prosesor tipe Core i5 dan Core i7 keluarga Broadwell.

Prosesor yang termasuk lini produk Broadwell dibangun dengan proses fabrikasi 14 nano meter (nm). Soal konsumsi daya, Broadwell diklaim lebih irit 30 persen dibandingkan Haswell. "Kami meningkatkan daya 30 persen. Dan kita belum selesai. Itu hanya uji coba yang telah kita lakukan sejauh ini," kata Krzanich.

Intel menjanjikan produk komputer yang memakai prosesor Broadwell akan tersedia pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com