Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bahayanya Mengemudi Sambil SMS

Kompas.com - 12/09/2013, 15:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Mobil wanita asal Maryland yang tenggelam di danau karena pengemudinya sibuk mengetik SMS

KOMPAS.com — Mengemudi sambil mengutak-atik ponsel memang sebaiknya jangan dilakukan. Menyetir mobil sambil menelepon pun sudah berbahaya, apalagi sambil mengetik pesan singkat atau SMS, risiko terjadi kecelakaan sangat besar.

Contohnya seperti yang dialami oleh seorang wanita 25 tahun asal Maryland, Amerika Serikat, yang tak disebut namanya ini. Seperti dikutip dari Cnet, Selasa (10/9/2013) lalu sang wanita sedang menyetir mobil di jalan yang terletak di dekat sebuah danau di daerah Waldorf.

Sambil menyetir, pandangan si wanita tak lepas dari layar ponsel yang digunakan untuk mengetik SMS. Mungkin karena terlalu asyik ngobrol, tiba-tiba mobil Hyundai berwarna putih yang dikemudikannya lepas kendali dan menabrak sebuah pohon, kemudian terlempar sejauh 20 meter ke tengah danau.

Beruntung, bagian danau tempat mobil tersebut "mendarat" tidak terlalu dalam dan hanya merendam kendaraan sedalam 1,5 meter. Si pengemudi ceroboh ini pun bergegas keluar dari jendela.

Sang wanita dilaporkan tidak mengalami luka apa pun, tetapi tetap dilarikan ke rumah sakit untuk berjaga-jaga. Otoritas setempat mengatakan sedang menyelidiki kejadian ini lebih lanjut dan mempertimbangkah langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

Mengetik SMS sambil menyetir kendaraan memang tindakan berbahaya yang bukan hanya bisa mencelakai si pengemudi, melainkan juga orang lain.

Tindakan hukum pun mulai diambil untuk mencegah perilaku tidak bertanggung jawab ini. Akhir bulan lalu, pengadilan New Jersey mengeluarkan ketetapan bahwa tuntutan hukum bisa dikenakan bukan hanya kepada orang yang menyetir sambil mengetik SMS, melainkan juga kepada pengirim SMS yang tahu bahwa lawan bicaranya sedang berada di balik kemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com