Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Intel, Baju Pintar sampai Baterai Anggur

Kompas.com - 13/09/2013, 13:46 WIB
Aditya Panji

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Teknologi macam apa yang dibutuhkan manusia di masa depan? Jawaban itu masih didefinisikan oleh para pelaku industri teknologi. Namun, perusahaan semikonduktor Intel ingin membuat teknologi jadi lebih personal, lebih aman, dan lebih menyenangkan.

Dalam acara Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Francisco, AS, Kamis (12/9/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Aditya Panji, Intel coba memamerkan beberapa teknologi masa depannya.

Yang menarik adalah pakaian pintar, yang termasuk dalam kategori perangkat pintar yang dipakai di tubuh manusia (wearable device).

Genevieve Bell, Director of Interaction and Experience Research di Intel Labs, mendemonstrasikan pakaian pintar berupa jaket untuk pesepeda yang dibuat oleh Berlin Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration.

Jaket tersebut dibekali dengan papan sirkuit yang diselimuti oleh kain. Di punggung jaket terdapat lampu LED berbentuk bulat-bulat kecil, yang dapat berkedip warna merah ketika pesepeda melakukan pengereman.

Secara fisik, jaket pintar yang dipamerkan itu hadir dengan warna cokelat. Ia didesain modis, memiliki ukuran yang pas dengan tubuh pemakainya.

Baterai anggur

Intel sedang mencari alternatif lain dari baterai untuk menopang daya hidup sebuah perangkat. Perangkat yang ada di dunia ini, kata Bell, membutuhkan konsumsi daya rendah, bahkan lebih rendah dari yang ada saat ini.

"Konsumsi daya rendah sangat penting bagi masa depan perangkat yang dapat dipakai di tubuh manusia. Yang tak kalah penting adalah sensor untuk mendeteksi gerakan di sekitar ruangan," ujar Bell.

Aditya Panji/KompasTekno
Pra-rupa gelas dan anggur yang dapat menghidupkan perangkat komputer sederhana
Intel coba menjawab tantangan itu dengan eksperimen baterai yang terbuat dari gelas dan minuman anggur. Dalam demonstrasinya, Bell telah menyiapkan gelas bening yang telah dipasangkan sepasang elektroda. Begitu anggur dituang ke gelas, ia dapat menyalakan perangkat komputer sederhana yang dilengkapi jaringan prosesor, akselerometer, dan mendukung jaringan nirkabel.

"Visi global ini memerlukan interaksi antara teknologi yang memungkinkan segalanya dan apa yang diinginkan individu," kata Bell. Perusahaan asal Santa Clara, California, AS, itu membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang hendak bermitra untuk berinovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com