Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cortana, "Teman" Baru Apple Siri dan Google Now

Kompas.com - 15/09/2013, 10:41 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ZDNet
KOMPAS.com — Microsoft dikabarkan sedang mengembangkan sebuah asisten digital via suara ala Siri dan Google Now. Aplikasi tersebut dinamakan Cortana.

Nama kode Cortana sendiri diambil dari tokoh karakter intelegensi buatan dari game Microsoft, Halo. Tokoh tersebut mampu mempelajari dan beradaptasi terhadap penggunanya.

Aplikasi Cortana sendiri kabarnya akan hadir di semua platform Microsoft, seperti Windows Phone, Windows, dan Xbox One.

Fungsinya mirip dengan Siri dan Google Now, yaitu pencarian dan juga perintah via suara pengguna. Selain itu, ia akan hadir dengan kemampuan yang lebih canggih. Sama dengan karakter Cortana dalam game Halo, Cortana yang dikembangkan oleh Microsoft ini juga akan dapat mempelajari tingkah laku penggunanya dan beradaptasi terhadapnya.

Nantinya, kemampuan Cortana akan bergantung kepada teknologi dari layanan pencarian milik Microsoft, Bing.

CEO Microsoft Steve Ballmer sebenarnya pernah memberikan petunjuk tentang kehadiran Cortana dalam sebuah memo kepada para karyawannya.

"User interface kita akan dapat dipersonalisasi secara mendalam, berbasiskan pada kepintaran, nyaris magis, yang lebih maju di produk cloud kita yang akan mempelajari lebih dan lebih tentang orang-orang dan dunia," tulis Ballmer, seperti dikutip dari ZDNet, Jumat (13/9/2013).

Sayangya, para konsumen yang penasaran akan aplikasi Cortana ini harus menunggu cukup lama untuk mencobanya. Menurut seorang eksekutif Microsoft, aplikasi ini baru akan hadir paling cepat tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com