Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten dan "Keypad" BlackBerry Jadi Incaran

Kompas.com - 16/09/2013, 07:37 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — BlackBerry mulai dilirik sejumlah penawar potensial, termasuk perusahaan ekuitas swasta. Namun, beberapa penawar ternyata hanya tertarik dengan beberapa unit bisnis atau sejumlah paten yang dimiliki BlackBerry.

Beberapa sumber tepercaya mengatakan kepada kantor berita Reuters, ada perusahaan ekuitas swasta yang tertarik dengan paten dan bisnis sistem operasi BlackBerry. Ada pula yang hanya tertarik dengan paten papan ketik fisik (keypad) saja.

Beberapa hari lalu, masih menurut sumber tepercaya, sebuah perusahaan ekuitas swasta telah menandatangani perjanjian dan kesepakatan rahasia. Sumber itu tidak merinci kesepakatan macam apa yang telah diraih. Namun, ia menegaskan bahwa proses penjualan BlackBerry akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

Jika perusahaan ekuitas swasta hanya tertarik membeli beberapa unit bisnis BlackBerry, lain ceritanya dengan Dewan Investasi Dana Pensiun Kanada. Lembaga ini dikabarkan tertarik membeli seluruh perusahaan BlackBerry.

Menurut estimasi sejumlah analis, seluruh perusahaan dan paten BlackBerry saat ini bernilai sekitar 5 miliar dollar AS.

Fairfax Financial Holdings, selaku pemegang saham mayoritas di BlackBerry, sedang dalam pembicaraan untuk melepas sahamnya kepada Dewan Investasi Dana Pensiun Kanada. Fairfax saat ini memiliki 10 persen saham di BlackBerry.

Pertengahan Agustus 2013, dewan direksi BlackBerry membentuk komite khusus untuk membahas langkah strategis yang akan diambil guna menentukan nasib perusahaan. Ada empat kemungkinan yang akan diambil dewan direksi jika pembahasan selesai dilakukan.

Pertama, tidak melakukan langkah strategis apa pun dan melanjutkan rencana awal. Kedua, melakukan strategic line yang mungkin bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dalam hal lisensi paten dan aplikasi. Ketiga, membentuk perusahaan patungan. Adapun yang keempat adalah menjual perusahaan.

Selain sistem operasi dan keypad, beberapa paten BlackBerry yang juga jadi incaran antara lain aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) dan layanan komunikasi mobile BlackBerry Enterprise Service (BES).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com