Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IBM Rayu Pengguna "Server" Gunakan Linux

Kompas.com - 18/09/2013, 09:53 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - IBM menyiapkan dana sebesar 1 miliar dollar AS untuk mengembangkan sistem operasi Linux di perangkat server seri Power. Dengan besarnya pendanaan, IBM berharap para pengguna untuk tetap menggunakan sistem operasi pesaing utama Windows itu di server milik mereka.

Dana sebesar 1 miliar dollar AS ini nantinya akan digunakan untuk IBM untuk membantu pengguna server Power bermigrasi ke platform Linux.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (18/9/2013), ini merupakan kali kedua bagi IBM menggelontorkan dana sebesar itu untuk membantu Linux. Bantuan pertama dilakukan pada tahun 2000 lalu, saat Linux baru membuka jalan ke dunia server dan data center, sebuah dunia yang didominasi oleh Microsoft.

Microsoft sendiri pernah menghalang-halangi para pengguna server dan data center untuk menggunakan Linux. Microsoft mengancam akan menuntut pengguna server yang menggunakan Linux karena sistem operasi open-source tersebut melanggar sekitar 235 hak paten.

Namun, upaya tersebut tampak gagal karena Linux terus berkembang menjadi salah satu sistem operasi enterprise terbesar. Hal tersebut terjadi berkat bantuan IBM. Saat ini, Linux telah menjadi pilihan sistem operasi server di seluruh dunia. Ia juga diketahui diaplikasikan di perangkat milik Google dan Facebook.

Meskipun begitu, pangsa pasar dari Linux masih kalah jauh dibandingkan Microsoft. Dalam laporan kuartal terbarunya, IDC mengungkapkan Linux hanya digunakan oleh 23 persen server. Sementara itu, Windows memimpin dengan 49 persen.

Apakah dengan gelontoran dana sebesar 1 miliar dollar AS, server-server di dunia akan beralih ke Linux?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com