Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober, Ubuntu Touch Bisa "Disuntik" ke Google Nexus

Kompas.com - 20/09/2013, 15:06 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh perusahaan Canonical dalam waktu dekat ini akan diluncurkan. Produk yang dinamakan Touch OS itu sudah bisa diunduh dan "disuntik" ke beberapa gadget Android, mulai 17 Oktober 2013 mendatang.

Dalam blog resminya, pihak Canonical memberikan daftar ponsel pintar dan produk tablet mana saja yang bisa dipersenjatai dengan sistem operasi baru ini.

Sementara ini, perangkat yang didukungnya masuk ke lini produk Google Nexus, yaitu ponsel Nexus 4, tablet Nexus 7, dan Nexus 10.

Sistem operasi ini juga bisa dijalankan di Samsung Galaxy Nexus. Sejatinya, semua perangkat tersebut didesain untuk menjalankan Android.

Untuk menjalankan sistem operasi ini di keempat perangkat tersebut, si pengguna harus menjalankan proses flash terlebih dahulu. Pengguna harus menghapus terlebih dahulu sistem operasi Android yang ada di perangkat untuk menggunakan Touch OS. Panduannya lengkap ada di tautan ini.

Meski pemilik semua perangkat yang sudah didukung diizinkan untuk mengunduh dan menggunakan Touch OS, karena proses instalasi yang cukup sulit untuk orang awam, tidak semua orang disarankan untuk menggunakannya.

Dikutip dari The Verge, Jumat (20/9/2013), saat ini pihak pengembang mengundang semua orang yang berminat untuk mencoba sistem operasi versi sebelum final dan melaporkan semua bug yang ditemukan, sebelum Ubuntu Touch dirilis pada Oktober mendatang.

Untuk ponsel resmi berbasis Ubuntu Touch sendiri, Canonical berjanji untuk merilisnya pada awal tahun 2014 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com