Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2013, 15:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi sistem operasi iOS7

KOMPAS.com — Bersama update iOS 7, Apple memperkenalkan sejumlah fitur baru yang menyegarkan sistem operasi mobile itu, termasuk Control Center, yang sangat berguna untuk mengakses sejumlah fungsi pengaturan tanpa membuka menu Setting.

Akan tetapi, implementasi fitur tersebut ternyata masih kurang sempurna karena Control Center belakangan ditemukan mengandung sebuah bug berbahaya yang memungkinkan  orang tak bertanggung jawab mengakses data-data pengguna.

Sebagaimana dilansir oleh Business Insider, Control Center bisa dipakai untuk menembus iPhone yang dikunci. Sejatinya untuk membuka iPhone yang dikunci harus memasukkan passcode, tetapi gara-gara bug di Control Center, kata sandi empat angka tersebut tak perlu lagi.

Caranya pun relatif mudah, cukup dengan memanggil fitur tersebut dari Lock Screen dengan menyapu jari dari bawah layar, menjalankan aplikasi Clock, membuka bagian alarm, menekan dan menahan tombol power.

Kemudian, klik icon "Cancel" yang muncul, lalu menekan tombol "home" sebanyak dua kali. Tombol "Home" perlu ditahan agak lama saat ditekan untuk yang kedua kalinya.

Setelah itu, perangkat iOS7 pun akan menampilkan menu multitasking. Dari sini, semua aplikasi yang berjalan bisa diakses, mulai dari Twitter, e-mail, bahkan foto-foto apabila aplikasi kamera kebetulan sedang aktif. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak video di bawah mulai detik ke-50 (00:50).

Ars Technica melaporkan bahwa trik ini bisa dilakukan di iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch generasi ke-5, dan iPad Mini. Boleh jadi semua perangkat mobile Apple yang telah di-update ke iOS7 memiliki kelemahan yang sama.

Celah lain

Akses Control Center dari Lock Screen juga bisa dipakai untuk mematikan fitur "Find my iPhone/ iPad" dari perangkat yang sebenarnya terkunci passcode. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur "Airplane Mode" dari panel kendali yang bisa dipanggil dari layar pengunci tanpa perlu memasukkan password itu.

Segala macam koneksi pun dimatikan dan perangkat iOS7 tidak bisa dilacak. Ini tentu berpotensi merugikan pengguna yang kehilangan dan ingin melacak perangkatnya. Siri juga bisa dipakai untuk mengaktifkan Airplane Mode lewat perintah suara.

Sebenarnya, pelacakan bisa dihentikan dengan mematikan perangkat yang bersangkutan. Akan tetapi, trik di atas bisa menguntungkan pencuri yang ingin tetap menghidupkan iPhone/ iPad (misalnya saat akan membobol kode PIN) tanpa berisiko terlacak.

Apple telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai persoalan ini dan mengatakan bakal segera menyalurkan update iOS7 untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum itu, ada cara mudah yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara, yaitu cukup dengan mematikan akses Control Center di Lock Screen lewat menu "Settings>Control Center>Access on Lock Screen".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com