Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 4 Ternyata Dijual Rugi

Kompas.com - 23/09/2013, 15:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Polygon
Playstation 4 dan keluarga gadget Sony lainnya
KOMPAS.com — Salah satu poin kelebihan Sony PlayStation 4 (PS4) dari rival beratnya, Microsoft Xbox One, adalah harga yang dipatok lebih rendah. Konsol game ini dihargai 399 dollar AS, dibanding Xbox one di angka 499 dollar AS.

Namun, harga tesebut ternyata tidak membuahkan keuntungan buat Sony. Bahkan, eksekutif Sony Jepang, Masayasu Ito, mengaku pihaknya merugi sekitar 60 dollar AS untuk setiap PS4 yang terjual.

Sony berencana menutupi kerugian tersebut dan memperoleh untung dari penjualan game dan perolehan biaya langganan PlayStation Plus.

Ito juga mengatakan bahwa hasil penjualan aksesori akan turut membantu "menyeimbangkan keadaan". "Soal besaran kontribusi (finansial) yang diberikan masing-masingnya, saya tidak bisa membeberkan secara mendetail," ujar Ito, sebagaimana dikutip oleh Polygon.

Meski dijual rugi, Sony yakin bahwa PS4 akan mendulang untung dengan lebih cepat dibandingkan pendahulunya, PS3.

Ini karena ongkos pembuatan game telah jauh menurun dibandingkan PS3, sementara harga jual tetap dipertahankan di kisaran 60 dollar AS. Artinya, tiap judul game bisa membuahkan margin yang lebih tinggi.

Hal tersebut, menurut Chief Financial Officer Sony Masaru Kato, dimungkinkan oleh arsitektur PS4 yang kini mirip dengan PC sehingga pengembangannya lebih mudah dan mampu menekan biaya produksi.

Ada pula mekanisme pembelian game dengan mengunduh langsung lewat konsol, sesuatu yang lebih menguntungkan buat Sony dibandingkan versi fisik (dengan cakram Blu-ray) berharga sama.

PS4 akan mulai memasuki pasaran pada 15 November mendatang. Konsol ini diprediksi bakal terjual 5 juta unit hingga akhir Maret 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com