Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Sudah Sempat Bikin Ponsel Android

Kompas.com - 24/09/2013, 09:46 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Sebelum menjual unit bisnis ponsel dan layanan kepada Microsoft, Nokia dilaporkan sedang mengerjakan ponsel berbasis Android. Ini merupakan rencana lain untuk mengantisipasi jika ponsel Windows Phone dari Nokia tidak meraih sukses.

Nah, beberapa hari lalu, sebuah situs asal China CTechnology  membeberkan informasi yang lebih rinci soal ponsel Android buatan Nokia.

Menurut situs tersebut, ponsel dengan kode nama "Mountain View" ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 seri 8225Q. Prosesor jenis ini biasa digunakan oleh ponsel Android kelas menengah ke bawah.

Ponsel Android tersebut hingga kini masih diuji coba oleh tim penelitian dan pengembangan Nokia di Beijing, China.

Seorang sumber mengatakan pada CTechnology bahwa Nokia memercayakan perusahaan manufaktur Foxconn, yang terkenal sebagai pemanufaktur iPhone dan iPad. Sebelum pengumuman akuisisi Nokia oleh Microsoft, Foxconn ternyata sudah merakit 10.000 unit purwarupa (prototipe) ponsel Nokia Mountain View.

Yang menarik, tim Nokia hingga saat ini masih terus mengembangkan ponsel Mountain View dan belum membatalkannya. Foxconn pun disebutkan masih terus memproduksi purwarupa ponsel ini.

Disetujui atau tidaknya ponsel Nokia berbasis Android ini akan ditentukan dalam rapat umum pemegang saham Nokia bulan November 2013.

Microsoft tentu punya pengaruh besar atas keputusan tersebut karena perusahaan telah membeli unit bisnis ponsel dan layanan Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS pada awal September lalu.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
- Microsoft Akuisisi Nokia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com