Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Belum Beri Kepastian BBM Android dan iPhone

Kompas.com - 24/09/2013, 11:07 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Pengguna Android dan iPhone yang menantikan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform tampaknya harus bersabar sedikit lebih lama lagi. BlackBerry belum bisa memastikan kapan BBM lintas platform akan diluncurkan kembali.

Kepala Divisi BBM di BlackBerry Andrew Bocking hanya memastikan, aplikasi BBM untuk Android dan iPhone tidak akan dirilis di minggu ini.

Karena masalah teknis yang dihadapi, BlackBerry tidak bisa merilis aplikasi yang sudah sangat ditunggu tersebut dalam waktu dekat.

Menurut Bocking, dalam blog resmi BlackBerry, Selasa (24/9/2013), akar permasalahannya berasal dari file instalasi (APK) aplikasi BBM tak resmi. Ia menyebutkan, versi bocoran dari BBM tersebut masih memiliki bug yang berakibat pada peningkatan beban server.

"(Aplikasi BBM) versi lama ini menghasilkan volume lalu lintas data yang lebih tinggi dari normal untuk setiap pengguna aktif dan berdampak kepada sistem dengan cara yang tidak normal," tulis Bocking.

BlackBerry mengklaim telah menyelesaikan masalah tersebut melalui versi final yang rencananya dirilis pada Sabtu (21/9/2013) lalu. Namun, karena tidak bisa memblokir pengguna file tak resmi yang jumlahnya menyentuh angka 1 juta, BlackBerry akhirnya menunda waktu peluncuran BBM versi final ini.

Dengan menunda peluncuran ini, BlackBerry ingin berfokus untuk memblokir file tidak resmi yang sudah diinstalasi di berbagai perangkat Android, sebelum merilis aplikasi BBM untuk Android versi final.

"Kami juga meyakinkan bahwa sistem kami akan mampu menghadapi skenario seperti ini di masa yang akan datang. Ini terdengar sebagai tugas yang mudah, nyatanya tidak. Ini akan menghabiskan beberapa waktu dan saya berpikir BBM untuk Android tidak akan dirilis pada minggu ini," ungkap Bocking.

Sebelumnya, BBM untuk Android direncanakan untuk dirilis pada hari Sabtu (21/9/2013) pada pukul 18.00 WIB di Google Play Store. Beberapa jam kemudian, tepatnya pada pukul 00.01 WIB, Minggu (22/9/2013), BBM untuk iPhone juga akan dirilis.

Aplikasi BBM untuk iPhone dirilis tepat waktu, tetapi ditarik kembali karena adanya masalah ini.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com