Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Juga Bakal Sambangi PC?

Kompas.com - 26/09/2013, 14:20 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - BlackBerry ternyata tak hanya akan melepas aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ke Android dan iPhone. Aplikasi BBM juga bisa hadir di komputer desktop (PC).

Kabar yang cukup mengejutkan ini disampaikan oleh Vice President Developer Relations and Ecosystem Alec Saunders saat membuka acara BlackBerry Jam Asia yang digelar di Hong Kong, Kamis (26/9/2013).

Saunders, mengatakan, BlackBerry tengah mengerjakan proyek pengimplementasian BBM di komputer desktop.

Aplikasi BBM untuk PC ini bahkan sempat didemokan di depan developer dan media yang hadir di pesta tahunan BlackBerry tersebut. Terlihat sistem operasi PC yang digunakan untuk demo adalah Windows 7.

Bukan aplikasi mandiri

Namun, ada satu hal yang patut ditegaskan. Aplikasi BBM di Desktop PC itu bukan aplikasi yang berdiri sendiri.

Cara kerjanya sedikit berbeda dibanding BBM Android dan iPhone. Agar aplikasinya bisa bekerja dan digunakan untuk ngobrol, BBM untuk Desktop harus terhubung dengan ponsel BlackBerry melalui Windows Bridge Apps. Tidak disebutkan apakah nantinya, ponsel Android dan iPhone juga bisa dihubungkan ke PC.

Cara kerja BBM untuk desktop ini sebenarnya mirip BBM di tablet BlackBerry Playbook. Jadi, tampilan BBM di ponsel akan di-mirror (diproyeksikan) ke komputer desktop melalui USB atau WiFi. Selanjutnya, pengguna bisa mengirim dan menerima pesan di komputer desktop.

Saunders menyebutkan, BBM untuk desktop tak hanya bisa dipakai untuk mengirim teks saja. Foto, file, dan dokumen lain yang terdapat di PC dapat dikirimkan melalui aplikasi BBM ini.

Belum ada informasi kapan BBM untuk PC ini akan diluncurkan. Saunders hanya memastikan, aplikasi ini selain di Windows juga akan hadir komputer Mac. BlackBerry juga mengaku "sedang memikirkan platform lainnya".

Apakah yang dimaksud platform lainnya ini adalah Windows Phone? Bisa jadi, jika ya tentu ini berita gembira untuk pengguna Windows Phone dan Nokia Lumia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com