Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Kenalkan Sistem Rekomendasi Baru

Kompas.com - 26/09/2013, 15:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com Twitter telah mengumumkan sebuah sistem rekomendasi baru. Sistem ini berawal dari sebuah eksperimen melalui akun @MagicRecs.

Hal itu dikemukakan Venu Satuluti, Sr Software Engineer, Search & Relevance, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Menurut Venu, ia kerap merasa ketinggalan beberapa tweet yang bagus atau baru tahu saat seseorang yang menarik telah bergabung di Twitter.

Fitur rekomendasi baru ini, ujarnya, diharapkan bisa menyelesaikan masalah semacam itu. "Anda akan menerima rekomendasi pribadi ketika beberapa orang dalam jaringan Anda mengikuti pengguna yang sama atau mem-‘favoritkan’ atau me-‘retweettweet yang sama," kata Venu.

Fitur ini akan mulai diterapkan pada aplikasi Twitter untuk Android dan iPhone. Sebelumnya, sistem ini diujicobakan lewat akun @MagicRecs.

Dalam eksperimen itu, @MagicRecs akan mengirimkan Direct Message (DM) kepada pengguna Twitter yang men-follow akun itu. Isi DM tersebut adalah rekomendasi terkait pengguna maupun tweet yang dianggap cocok dengan sang follower.

Sedangkan dalam penerapannya, rekomendasi itu akan muncul dalam bentuk notifikasi atau pemberitahuan yang disampaikan aplikasi Twitter untuk Android dan iOS.

Tentunya, ujar Venu, notifikasi ini bisa dikendalikan oleh pengguna. Melalui pengaturan di aplikasi, fitur "Recommendations" bisa dimatikan atau dinyalakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com