Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Butir Peringatan Yahoo kepada Kudunyahoo

Kompas.com - 27/09/2013, 08:34 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Yahoo Inc melayangkan gugatan terhadap situs asal Indonesia, kudunyahoo.com. Gugatan itu dilayangkan lantaran pihak Yahoo menilai ada kemiripan nama di antara keduanya.

Melalui kuasa hukumnya, Kantor Hukum Daru Lukiantorno/Primastuti Purnamasari, Yahoo telah mengirimkan surat peringatan berisikan empat poin permintaan kepada Hady Hidayat, selaku salah satu pengelola dan pendiri situs kudunyahoo.com

Dari surat peringatan yang KompasTekno terima, Jumat (27/9/2013), pihak Yahoo meminta kepada pengelola situs untuk segera mengganti nama Kudunyahoo sebelum tanggal 30 September 2013.

Pihak Yahoo memberi contoh, situs Kudunyahoo bisa saja menghilangkan satu huruf "o" di bagian akhir menjadi "kudunyaho". Namun, saran ini tidak mutlak harus dijalankan. Pihak kudunyahoo masih bisa memilih nama lain.

Dalam surat peringatan ini juga, pihak Yahoo mengaku memahami bahwa ungkapan "kudu nyaho" sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang berarti "harus tahu". Namun, mereka tetap bergeming dan menggugat pihak pengelola.

Berikut empat poin permintaan pihak Yahoo kepada Kudunyahoo yang tertuang dalam surat peringatan.

1. Dengan segera mengganti nama domain situs web dari www.kudunyahoo.com menjadi www.kudunyaho atau dengan nama domain lainnya.

2. Dengan segera mengganti nama situs web dari "Kudu Nyahoo" menjadi "Kudu Nyaho" atau nama situs web lainnya, termasuk di dalamnya mengganti semua ungkapan "Kudu Nyahoo" yang ada di dalam situs web tersebut.

3. Berjanji bahwa di masa yang akan datang, tidak akan menggunakan merek dan nama apa pun yang serupa dengan "Yahoo!" atau merek-merek lainnya yang dimiliki oleh Yahoo Inc, dan juga tidak menggunakan bentuk apa pun dari periklanan, promosi, dan aktivitas lainnya dengan menggunakan merek-merek yang dimiliki oleh Yahoo! Inc, termasuk penggunaan pada tanda tangan, papan nama, kartu nama, alat tulis-menulis, hadiah, pamflet, brosur, iklan, dan promosi di media massa atau di Internet atau di tempat lainnya dan menghancurkan semua materi-materi yang mengandung merek-merek Yahoo! Inc, termasuk penggunaan gambar-gambar dengan hak cipta klien tanpa izin.

4. Menyatakan pemahaman serta persetujuan terhadap isi surat ini dengan menandatangani Surat Pernyataan terlampir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com