Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Siapkan Perangkat "Istimewa"

Kompas.com - 27/09/2013, 09:31 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Nokia sedang menyiapkan sebuah acara bertajuk Nokia Innovation Reinvented yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 22 Oktober mendatang. Di acara ini, Nokia akan meluncurkan produk terbarunya.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan itu bakal merilis 6 perangkat baru. Seorang sumber yang dekat dengan rencana ini mengatakan kepada The Verge bahwa Nokia menyiapkan dua ponsel Lumia berbasis Windows Phone, beberapa aksesori, dan salah satu disebut "sangat istimewa."

Menurut kabar yang beredar di industri teknologi, Nokia akan meluncurkan perangkat phablet pertamanya, produk perpaduan ponsel dan tablet. Produk ini berukuran 6 inci.

Tak berhenti sampai di situ. Nokia juga dikabarkan sedang menyiapkan tablet yang berjalan dengan sistem operasi Windows RT.

Pada 3 September 2013, Nokia memutuskan untuk menjual unit bisnis ponsel dan layanan, beserta patennya kepada Microsoft. Berdasarkan kesepakatan, Microsoft harus mengeluarkan dana 5 miliar dollar AS untuk membeli bisnis perangkat dan layanan Nokia, serta 2,2 miliar dollar AS untuk patennya. Jika ditotal, maka Microsoft harus merogoh kocek 7,2 miliar dollar AS.

Sekitar 32.000 karyawan Nokia rencananya akan ditransfer ke Microsoft. Sebanyak 18.300 karyawan di antaranya terlibat langsung dalam pembuatan produk perangkat dan layanan Nokia.

Kini, Nokia harus berjuang dari tiga unit bisnis yang tersisa, yang tidak dibeli Microsoft. Ketiga unit bisnis itu adalah layanan peta digital dan lokasi (Nokia Here), pengembangan teknologi (Advanced Technologies), serta infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com