Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Terus Dibujuk ke BlackBerry 10

Kompas.com - 27/09/2013, 14:32 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com -Meski sudah memiliki lebih dari 130 ribu aplikasi, BlackBerry 10 masih belum disambangi oleh beberapa aplikasi populer. Salah satunya yang sangat ditunggu adalah Instagram.
 
Kapan jejaring sosial berbasis foto dan video pendek ini akan hadir di ponsel berbasis BlackBerry 10?
 
"Instagram belum akan hadir di BlackBerry 10 dalam waktu dekat ini," kata Vice President Developer Relation BlackBerry Alec Saunders, dalam sesi wawancara dengan KompasTekno di BlackBerry Jam Asia 2013, Kamis (26/9/2013).
 
Bukan berarti BlackBerry tidak berusaha menghadirkannya, tapi ternyata dari Instagram yang belum mau hadir di BlackBerry 10.
 
Saunders menegaskan, BlackBerry terus berusaha keras meyakinkan Instagram untuk mengubah keputusan mereka. Namun, Instagram hingga saat ini belum terlihat mau membuka diri untuk pengguna ponsel BlackBerry 10.
 
Dari pada menunggu Instagram yang belum jelas kapan kehadirannya, Saunders mengajak pengguna BlackBerry 10 untuk menggunakan aplikasi sejenis yang tersedia di BlackBerry World.
 
"Jika ingin punya Instagram di BB10, anda akan menemukan beberapa alternatif aplikasi berbagi," ujar Saunders sambil menunjukkan aplikasi berbagi foto yang biasanya digunakannya.
 
Saunders sepertinya melupakan esensi berbagi foto. Aplikasi alternatif Instagram banyak tersedia, namun apa gunanya berbagi foto di aplikasi yang tidak banyak digunakan? Foto yang dibagi tak banyak dilihat dan tak ada yang mengomentari.
 
Pengguna menyukai Instagram karena banyak digunakan orang dan rekan-rekannya. Dengan banyak yang dilihat, dikomentari, dan di-like, pengguna tentu makin bersemangat untuk berbagi foto. Inilah yang menjadi daya tarik Instagram.
 
Instagram memang pemilih
 
CEO Instagram Kevin Systrom memang menyatakan akan membuat aplikasi untuk BlackBerry 10. Namun, lanjut Systrom, Instagram di kedua platform tersebut tidak hadir dalam waktu dekat.
 
Para pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, terkenal "pemilih" jika ingin membuat aplikasi di sebuah platfrom. Pertama kali muncul untuk iOS pada 6 Oktober 2010, butuh waktu satu setengah tahun bagi Instagram untuk tersedia di Android, tepatnya pada 3 April 2013.
 
Keputusan Instagram membuat aplikasi untuk Android ternyata berbuah manis. Jumlah penggunanya mengalami pertumbuhan pesat berkat Android. Hingga pertengahan 2013 Instagram punya 110 juta pengguna, sekitar 50 juta dari jumlah tersebut adalah pengguna Android.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com