Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudunyahoo Tolak Penuhi Permintaan Yahoo

Kompas.com - 30/09/2013, 16:26 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak pengelola Kudunyahoo, situs yang disomasi oleh Yahoo akibat dianggap memiliki kemiripan nama, akhirnya memberikan tanggapan secara resmi.

Melalui surat elektronik, pihak pengelola dengan tegas menolak mengikuti permintaan Yahoo untuk mengubah nama situs tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa pihak Kudunyahoo mengambil keputusan ini. Salah satunya, makna atau arti dari kata Kudunyahoo tidak ada kaitan sama sekali dengan Yahoo.

Kudu nyaho sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti "harus tahu" atau "sesuatu yang penting untuk diketahui".

"Kata nyahoo adalah suatu kata yang berasal dari kata dasar nyaho bukan Yahoo. Untuk itu, keberatan pihak Yahoo atas nama situs Kudunyahoo sangat tidak beralasan," tulis pihak Kudunyahoo, dalam surat keberatan yang KompasTekno terima, Senin (30/9/2013).

Pihak Kudunyahoo juga tidak merasa bahwa situs Kudunyahoo memiliki kemiripan dengan nama dagang Yahoo. Mereka berpendapat, situs ini tidak memiliki konten, logo, dan tujuan yang sama dengan Yahoo.

Pihak pengelola situs yang sudah berumur 2 tahun ini pun tidak pernah meniatkan untuk menciptakan suatu hal yang bersifat menyamai Yahoo.

"Hingga saat ini tidak ada satu orang pun, baik yang sudah membaca konten kami, mengunjungi, maupun yang melihat secara langsung situs kami, yang mengidentikkan situs www.kudunyahoo.com dengan nama dagang Yahoo atau mempertanyakan hubungan www.kudunyahoo.com dan Yahoo," ujarnya.

Situs yang dibuat oleh Hady Hidayat, Assaoralhaq, dan Syarief Hidayat ini juga mempermasalahkan lamanya waktu pemberian somasi oleh Yahoo. Setelah berjalan selama 2 tahun, pihak Yahoo baru melayangkan tuntutan terhadap situs buatan anak Bandung ini.

"Menurut hemat kami, seharusnya jika keberatan/tuntutan atas nama situs kami, jika dianggap melanggar hak cipta, seharusnya dari 3 bulan awal ketika situs ini ada sudah ter-suspend oleh sistem komputerisasi di internet, baik oleh penuntut dengan menggunakan program sendiri, maupun laporan masyarakat pengguna internet sendiri," lanjutnya.

Kudunyahoo adalah sebuah situs asli buatan anak bangsa yang menyediakan informasi kuliner, hotel, dan wisata di Indonesia. Nama dari situs ini digugat oleh Yahoo karena dianggap memiliki kemiripan nama.

Pihak Yahoo mengakui sudah mengetahui arti dari nama Kudunyahoo, tetapi tetap bergeming dengan alasan tersebut. Mereka tetap menuntut perubahan nama dan penggantian nama seluruhnya sesuai dengan tenggat perubahan yang diberikan, yaitu pada 30 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com