Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari CEO Baru, Microsoft Bidik "Juru Selamat" Ford

Kompas.com - 03/10/2013, 10:01 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Alan Mulally, dikenal sebagai pemimpin yang sukses mengubah perusahaan sekelas Ford dan Boeing. Kini, ia dikabarkan sedang dibidik oleh perusahaan teknologi Microsoft untuk menjabat CEO baru.

Alan yang pernah menjabat sebagai CEO di Boeing Commercial Airplanes merupakan salah satu orang yang berjasa menyelamatkan Ford dari kebangkrutan pada tahun 2008 lalu.

Bloomberg melaporkan, dewan direksi Microsoft memandang Mulally cocok untuk menggantikan Steve Ballmer yang akan pensiun dari posisi CEO Microsoft di 2014 mendatang. Namun, pertimbangan dewan direksi Microsoft ini masih sangat awal, dan belum mencapai kesepakatan.

Kepada USA Today, Mulally menyangkal ia akan pindah ke Microsoft. "Saya suka melayani Ford," katanya. Ia juga menyebutkan bahwa akan tetap berada di Ford, setidaknya sampai 2014.

Microsoft, sejatinya membutuhkan pemimpin yang mampu mengubah prospek perushaaan. Selain di bisnis komputer pribadi, Microsoft perlu mengembangkan unit bisnis perangkat dan sistem operasi mobile.

Selain Mulally, nama lain yang disebut akan menjadi kandidat kuat CEO Microsoft, adalah Stephen Elop, yang tak lain mantan CEO Nokia.

Sebelum menjabat sebagai CEO Nokia pada September 2010, Elop pernah memimpin divisi bisnis Microsoft di mana ia bertanggung jawab atas produk Microsoft Office. Hal inilah yang membuat Nokia dan Microsoft menjalin kerja sama "mesra" dalam mengembangkan ponsel pintar Lumia yang bersistem operasi Windows Phone.

Setelah unit bisnis ponsel dan layanan Nokia diakuisisi oleh Microsoft, Elop akan kembali bekerja untuk Microsoft sebagai wakil presiden divisi perangkat dan layanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com