Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Smart Lens Bisa Gantikan "Tongsis"

Kompas.com - 03/10/2013, 14:48 WIB
Namira Daufina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony Mobile memiliki produk terbaru yang bakal mengakomodir kebiasaan memotret diri sendiri (selfie) para pengguna ponsel dengan "tongsis"-nya.

Produk tersebut adalah Sony Smart Lens DSC-QX10 dan DSC-QX100. Dua produk ini sejatinya merupakan modul "upgrade" kamera untuk smartphone yang bisa digunakan bersama iPhone, iPad, dan perangkat Android merek apapun.

Namun dengan "keluwesannya", Sony Smart Lens, bisa dipakai untuk hal-hal lain, seperti memotret diri sendiri misalnya saat sedang berwisata sendirian, memotret objek dari ketinggian, dan lainnya.

"Tidak perlu lagi deh pakai "tongsis", tongkat narsis. Cukup pakai QX saja bisa buat foto diri narsis, " ujar Ika Paramita, Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia saat peluncuran Xperia Z1 di Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Tongkat narsis, yang dimaksud Ika, sebenarnya merupakan perangkat monopod yang biasanya digunakan jika si pengguna merasa kewalahan untuk memotret dalam posisi yang sulit.

Kehadiran "lensa pintar" Sony ini diklaim bisa menjadi satu fenomena baru menggantikan "tongsis" karena ia tidak harus menempel di smartphone, lensa ini dapat diletakkan di tripod juga. Smartphone di sini hanya digunakan untuk sebagai pengendali dan "viewer" dari lensa tersebut.

"QX itu menggunakan NFC, lensanya tidak harus terpasang di smartphone, bisa diletakkan di tempat lain terus digunakan untuk mengambil gambar asal sudah saling terhubung," papar Ika Paramita, Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia saat peluncuran Xperia Z1 di Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Dengan komponen yang sama seperti pada kamera, lensa ini juga dilengkapi sensor gambar, baterai, microphone stereo, hingga slot kartu memori. Yang membedakan hanya tidak adanya layar LCD untuk melihat dan membidik gambar. Layar pada smartphone atau tablet-lah yang akan mengisi peran itu.

"Sony QX rencananya akan dirilis pada bulan November mendatang," pungkas Ika. Ika menambahkan bahwa DSC-QX-10 akan dijual dengan harga kisaran Rp 3 juta. Adapun banderol DSC-QX100 disebutnya belum ditentukan. Tapi, seorang staff Sony di acara menyebutkan bahwa produk tersebut bisa dihargai hingga Rp 8 juta.

Tongsis

Istilah tongsis alias tongkat narsis belakangan marak dipakai oleh pengguna ponsel foto, sebagai nama perangkat monopod yang memanggung smartphone Android atau iPhone.

Namun, belakangan menjadi fenomena baru ini makin marak ketika ibu negara, Ani Yudhoyono, yang terkenal gemar fotografi, memposting foto di akun Instagram-nya, saat seseorang yang sedang menggunakan "tongsis" berfoto bersama dirinya.

Setelah itu, monopod yang bisa dipanjangkan hingga 1 meter dan memiliki tempat untuk menaruh ponsel atau kamera ini menjadi fenomena baru dunia fotografi di Indonesia.


Ibu Ani Yudhoyono bersama pehobi fotografi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com