Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Pengguna Printer HP Tak Sadar Beli Kartrid Palsu

Kompas.com - 04/10/2013, 10:11 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pengguna kartrid tinta dan toner Hewlett-Packard (HP) ternyata tidak mengetahui bahwa membeli produk yang dipalsukan.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh HP secara global, 58 persen pengguna salah satu dari kedua produk tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa produk yang dibelinya ternyata aspal alias asli tapi palsu.

Secara sepintas, produk katrid tinta dan toner yang dijual memang asli buatan HP karena menggunakan kemasan yang sama. Namun, setelah dicoba untuk mencetak dokumen, kualitas tintanya tidak terlalu bagus karena ternyata palsu.

"Banyak produk palsu yang pakai kemasan HP, padahal isinya beda," kata Muhammad Nuradi Akhsan, Market Development Manager for Toner, HP Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno di Media Gathering HP di Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Dijelaskan oleh Nuradi, penggunaan produk katrid tinta bajakan atau palsu bisa membuat rusak printer dan menggugurkan garansi. Kualitas hasil cetak dari katrid tinta tidak original pun diklaim tidak sebagus yang original.

"Hasil cetak jelek, kertas terbuang, dan rusaknya printer merupakan beberapa dampak buruk yang bisa diakibatkan oleh penggunaan katrid tinta palsu," ujarnya.

Oleh karena itu, pihak HP selalu menyarankan untuk menggunakan produk yang asli.

HP sendiri telah mengadakan sekitar 4.600 penyidikan anti-pemalsuan di 88 negara selama 4 tahun belakangan ini. Hasilnya, mereka telah menyita lebih dari 36 juta kartrid palsu dan komponennya. Di Asia Pasifik, pihak HP telah menyita lebih dari 25 juta kartrid palsu.

Jalan santai sebagai kampanye

Untuk mengampanyekan kegiatan anti-pemalsuan ke masyarakat luas, HP akan mengadakan sebuah acara Fun Walk atau jalan santai bertajuk "Asli Lebih Pasti" di area car free day, Jakarta, Minggu (6/10/2013). Acara ini akan mengambil rute mulai dari Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di fX Sudirman.

Selain kegiatan jalan santai, pihak HP juga akan mengajak para peserta untuk membuat petisi yang ditujukkan untuk memberikan dukungan terhadap penggunaan produk asli. Petisi ini nantinya akan dibuat dalam bentuk cap tangan berwarna.

Para peserta akan dihibur oleh penampilan band, kuis, dan game. Peserta pun akan diberikan kesempatan untuk berfoto di area Wall of Fame.  

Pihak HP Indonesia tidak membatasi peserta yang ingin mengikuti acara ini. Seluruh lapisan masyarakat dipersilahkan untuk bergabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com