Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KakaoTalk di BlackBerry Bisa Telepon Gratis

Kompas.com - 04/10/2013, 10:52 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi KakaoTalk untuk platform BlackBerry kedatangan fitur baru, yaitu voice call alias panggilan suara. Kemampuan ini sudah mulai tersedia untuk pengguna pada 1 Oktober 2013 lalu.

Fitur panggilan suara KakaoTalk bisa dipakai oleh pengguna BlackBerry dengan sistem operasi OS5 dan OS7. Untuk handset BlackBerry versi CDMA, hanya perangkat dengan OS7 saja yang bisa melakukan voice call.

"Penggunaan BlackBerry masih signifikan di Indonesia. Banyak pengguna KakaoTalk juga merupakan pengguna BlackBerry," ujar Kate Sohn, VP Global Business Development Kakao dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno.

"Dengan fitur ini, kami berharap para pengguna kami di BlackBerry akan merasakan pengalaman berkomunikasi terbaik yang 'bebas dan tanpa batas', baik di antara sesama pengguna BlackBerry maupun dengan keluarga dan teman-teman mereka yang menggunakan sistem operasi berbeda," lanjutnya.

Pengguna BlackBerry dapat menggunakan fitur ini melalui jaringan 3G. Pengguna hanya perlu membayar biaya akses data atau berlangganan paket BlackBerry. Agar nyaman untuk melakukan panggilan suara secara terus menerus, disarankan untuk menggunakan paket data BlackBerry tanpa batas atau unlimited.

Untuk dapat menggunakan fitur ini di jaringan 3G, pengguna perlu memastikan pengaturan APN secara tepat. Jika tidak tepat, akan ada sebuah jendela pop-up yang memberikan petunjuk mendetil tentang pengaturan APN masing-masing operator.

Fitur ini juga dapat dinikmati secara gratis melalui jaringan WiFi.

KakaoTalk sendiri sebenarnya sudah mulai menyediakan kemampuan voice call sejak Februari 2012. Layanan ini sudah terlebih dahulu di platform lain, yaitu Android dan iPhone, sebelum akhirnya mampir di BlackBerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com