Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Round, Ponsel Layar Lengkung dari Samsung

Kompas.com - 08/10/2013, 12:35 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — Samsung dikabarkan segera memperkenalkan ponsel pintar layar fleksibel yang akan diberi nama Galaxy Round. Perusahaan juga telah mendaftarkan merek dagang Galaxy Round.

Portal berita Asiae asal Korea Selatan melaporkan, layar ponsel Galaxy Round terbuat dari plastik, bukan kaca.

Untuk spesifikasi komponen, Samsung dikabarkan menyematkan komponen kelas tinggi. Jika merujuk pada pemakaian nama Galaxy, maka kemungkinan besar Galaxy Round akan berjalan dengan sistem operasi Android.

Sebelumnya, Samsung mengonfirmasi siap memperkenalkan ponsel dengan layar fleksibel pada bulan Oktober 2013. "Kami berencana untuk memperkenalkan ponsel pintar layar lengkung di Korea Selatan pada Oktober ini," kata Kepala Strategi Pemasaran Perangkat Mobile Samsung DJ Lee kepada Reuters beberapa waktu lalu.

Panel layar dengan materi lentur memungkinkan sebuah ponsel mengusung desain yang dapat ditekuk, dilipat, bahkan digulung. Berkat teknologi ini, tak menutup kemungkinan perangkat komputer di kemudian hari bakal menemukan bentuk fisik baru yang radikal.

Selain Samsung, LG juga menyatakan siap memproduksi ponsel dengan layar fleksibel. Menurut sumber yang dekat dengan rencana tersebut, ponsel dari LG ini akan mengusung layar berukuran 6 inci, dan akan diperkenalkan pada November mendatang.

Samsung dan LG bisa disebut sebagai dua produsen panel layar tersukses di dunia. Keduanya berusaha membuat komponen panel layarnya bisa berukuran tipis dan tahan panas. Mereka juga berusaha membuat harga komponen layar fleksibel lebih terjangkau agar produsen komputer tertarik untuk mengadopsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com