Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Ponsel Lengkung Galaxy Round?

Kompas.com - 09/10/2013, 10:04 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5Google
KOMPAS.com — Gambar produk yang disinyalir sebagai Galaxy Round, ponsel pintar layar fleksibel buatan Samsung, mulai beredar di dunia maya. Dari gambar tersebut, terlihat bahwa perangkat ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Galaxy Note III.

Adalah situs Evleaks yang membocorkan gambar tersebut. Evleaks sendiri selama ini dikenal sebagai situs yang rajin merilis gambar perangkat yang belum diperkenalkan oleh sebuah vendor. Biasanya, gambar yang dipamerkan oleh Evleaks terbukti benar.

Berdasarkan gambar bocoran ini, Galaxy Round tampak memiliki layar yang sedikit melengkung. Namun, tidak seperti rumor yang beredar, produk ini tampaknya tidak bisa ditekuk, dilipat, atau digulung. Ya, hanya layarnya saja yang fleksibel, sedangkan bagian cangkangnya terlihat kaku, sama seperti ponsel-ponsel yang beredar selama ini.

(Update: Samsung telah resmi memperkenalkan Galaxy Round, Rabu (9/10/2013. Spesifikasi, tanggal peluncuran, dan harganya dapat disimak di artikel ini)

Perangkat tersebut pun tampak seperti produk phablet yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung, Galaxy Note III.

Samsung
Samsung Galaxy Note III
Menurut kabar yang berkembang sebelumnya, layar ponsel Galaxy Round terbuat dari plastik, bukan kaca. Penggunaan material ini, seperti dikutip dari 9to5Google, Rabu (9/10/2013), meningkatkan daya tahan dari layar tersebut. Layar dengan tipe ini akan lebih sulit dipecahkan dibandingkan panel layar dari kaca.

Untuk spesifikasi komponen, Samsung dikabarkan menyematkan komponen kelas tinggi. Jika merujuk pada pemakaian nama Galaxy, maka kemungkinan besar Galaxy Round akan berjalan dengan sistem operasi Android.

Selain Samsung, LG juga menyatakan siap memproduksi ponsel dengan layar fleksibel. Menurut sumber yang dekat dengan rencana tersebut, ponsel dari LG ini akan mengusung layar berukuran 6 inci, dan akan diperkenalkan pada November mendatang.

Samsung dan LG bisa disebut sebagai dua produsen panel layar tersukses di dunia. Keduanya berusaha membuat komponen panel layarnya bisa berukuran tipis dan tahan panas. Mereka juga berusaha membuat harga komponen layar fleksibel lebih terjangkau agar produsen komputer tertarik untuk mengadopsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com