Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Tab Bakal Pakai Android plus Windows?

Kompas.com - 10/10/2013, 08:50 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Samsung dikabarkan sedang mengembangkan tablet Galaxy Tab terbaru. Keunikan dari generasi terbaru perangkat ini adalah dukungannya terhadap dua sistem operasi mobile sekaligus.

Menurut sebuah laporan yang dilansir oleh situs teknologi Cnet, Rabu (9/10/2013), Samsung Galaxy Tab versi tahun 2014 ini nantinya akan hadir dengan fitur dual-booting.

Sistem operasi pertama masih menggunakan Android. Sementara, sistem operasi kedua buatan Microsoft, Windows RT.

Dalam pengujiannya, konsep dual sistem operasi ini dikatakan dapat berjalan dengan baik. Tablet ini pun dapat berjalan dengan kencang.

Laporan tersebut juga mengungkapkan, Galaxy Tab ini akan menjadi salah satu tablet dengan ukuran layar terbesar Samsung. Kabarnya, ia akan dilengkapi dengan layar berukuran 12 inci yang mendukung resolusi tinggi.

Ukurannya tidak akan jauh berbeda dari kertas A4 dan laporan tersebut menyebutkan, tablet baru ini memiliki dimensi yang tipis.

Belum ada informasi terkait spesifikasi hardware yang akan digunakannya.

Meningkatkan Pangsa Pasar

Keputusan Samsung untuk menggunakan Windows RT di tablet tersebut bisa jadi disebabkan oleh permintaan dari Microsoft.

Belum lama ini, Microsoft memang dikabarkan sedang menemui beberapa vendor untuk membicarakan kemungkinan penggunaan Windows Phone di produk terbaru vendor tersebut.

Diharapkan, pangsa pasar Windows Phone akan terus meningkat dengan cara seperti ini.

Sebelumnya, Microsoft dikabarkan telah merayu HTC untuk kembali merilis produk berbasis Windows Phone. Sekadar informasi, saat ini, HTC telah merilis dua ponsel Windows Phone 8, yaitu HTC 8X dan HTC 8S.

Kabar awalnya, HTC dikatakan sudah enggan merilis perangkat Windows Phone baru. Keputusan Microsoft untuk bertemu dengan HTC dikabarkan untuk mencegah jangan sampai hal ini terjadi.

Lebih lanjut, Microsoft dikabarkan juga bertemu dengan dua vendor raksasa lainnya, yaitu Huawei dan Samsung.

Tawaran dari pihak Microsoft ke kedua perusahaan tersebut masih sama. Microsoft berjanji tidak akan memungut biaya lisensi, apabila Samsung dan Huawei mau menjual ponsel Windows Phone atau tablet Windows RT. Sebaliknya, Microsoft akan memberikan kompensasi untuk biaya adaptasi yang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com