Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat ikut Proyek Kabel Laut Australia-Singapura

Kompas.com - 11/10/2013, 08:11 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi Indosat menandatangani nota kesepakatan dengan SubPartners, Kamis (10/10/2013), untuk ikut dalam pengembangan sistem kabel laut APX-West yang akan menghubungkan Perth, Australia hingga ke Changi Utara, Singapura.

Dengan kesepakatan ini, Indosat berpartisipasi membangun koneksi dari APX-West ke stasiun kabel laut Indosat di Ancol, Jakarta Utara. Perusahaan berharap kapasitas jalur telekomunikasinya ke Singapura akan meningkat, dan juga memiliki pilihan meningkatkan kapasitas komunikasi ke pasar Australia melalui Perth.

Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, koneksi kabel laut Indosat ke APX-West akan menambah jaringan kabel laut internasional Indosat yang sudah ada, seperti Jakabare, SMW3, dan AAG.

"Kerjasama pengembangan kabel laut ini, selain bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan internasional kami, juga menjadi bagian dari strategi kami dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan data karena pertumbuhan trafik komunikasi data internasional yang terus meningkat," kata Alexander dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Indosat menjadi satu-satunya operator APX-West dan mitra penjualan berlisensi di Indonesia. Sekedar catatan, APX-West merupakan bagian dari proyek pembangunan kabel laut APX Project yang juga menghubungkan Sydney dan Amerika Serikat sebagai bagian dari APX-East.

Hingga kini, Indosat memiliki dan mengoperasikan berbagai sistem kabel laut, antara lain Jakabare (Jakarta-Kalimantan-Batam-Singapore), SMW3 (South East Asia-Middle East-West Europe), JaSutera (Jawa-Sumatera), Jambi-Batam-Singapura, AAG (Asia-America Gateway), Javali (Jawa-Bali), Jakasusi (Jawa-Kalimantan-Sulawesi), dan Jakarta-Surabaya.

Selain Kabel laut, Indosat juga memiliki jaringan terestrial yang menghubungkan sistem komunikasi dari Surabaya ke Madura, backbone pulau Jawa, backbone pulau Sumatera, backbone Kalimantan (Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda, Banjarmasin-Palangkaraya-Sampit) dan backbone Sulawesi (Makasar-Palu).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com