Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, AMD Radeon R7 Sambangi Indonesia

Kompas.com - 11/10/2013, 14:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Radeon R7 adalah keluarga kartu grafis AMD yang diperkenalkan akhir September lalu. Produk-produk yang mengusung sejumlah chip berlabel "R7" itu pun kini akan bersiap memasuki pasaran Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas Tekno dari pihak AMD Indonesia, seri Radeon baru tersebut akan mulai tiba di Tanah Air paling cepat pada akhir Oktober melalui sejumlah produsen kartu grafis rekanan AMD. Boleh Jadi, mereka sudah bisa dibeli konsumen pada November mendatang.

Produk-produk yang dijadwalkan pertama kali "mendarat" datang dari kelas menengah-bawah, yaitu Radeon R7 240, R7 250, dan R7 260X.

Dari ketiganya, Radeon R7 260X menduduki posisi tertinggi. Kartu grafis yang kisaran harganya dipatok di angka 139 dollar AS ini mengusung core "Bonaire" yang dipersenjatai 896 stream processor dengan kecepatan core hingga 1,1 GHz. Chip itu dipasangkan dengan memori GDDR5 128-bit berkapasitas 2 GB.

Meski mengusung desain dasar yang sama dengan Radeon HD 7790, Radeon R7 260X turut meminjam sejumlah fitur yang hanya tersedia untuk seri Radeon R9 290 (Hawaii), termasuk dukungan teknologi AMD TrueAudio secara native (dalam bentuk core DSP terintegrasi) dan sistem manajemen daya yang sama dengan milik kartu grafis kelas atas tersebut.

Adapun Radeon R7 250 dan R7 240 diposisikan untuk segmen pasar yang lebih rendah, harga kisaran masing-masingnya dipatok pada angka 89 dan 69 dollar AS.

Belum diketahui kapan seri kartu grafis baru lainnya dari AMD -yaitu Radeon R9 280X dan Radeon R9 270X- akan memasuki pasaran Indonesia. AMD sendiri belum merilis informasi resmi mengenai kartu grafis teratas dalam keluarga ini, Radeon R9 290X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com