Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi BBM Lintas Platform Dijual Rp 75.000

Kompas.com - 16/10/2013, 10:50 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Tak kunjung dirilisnya aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iPhone dimanfaatkan sejumlah pedagang ponsel di Indonesia untuk meraup keuntungan.

Sejumlah penjual ponsel di Karebosi Link, pusat penjualan gadget di kota Makassar, Sulawesi Selatan, menjual aplikasi BBM kepada pengguna iPhone 4 dan iPhone 5.

Tribun Timur melaporkan, aplikasi chatting populer itu dijual dengan harga Rp 75.000. Aplikasi tersebut ditawarkan kepada pembeli iPhone, baik baru maupun bekas.

Aplikasi BBM di iPhone itu di-install dengan menggunakan akun Apple-ID yang sempat mengunduh saat BlackBerry merilis aplikasi tersebut, pada 21 September 2013 lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, BlackBerry sempat merilis aplikasi BBM untuk iPhone tapi kemudian ditarik kembali pada 22 September dengan dalih gangguan teknis di server BBM. (Baca: BBM Android dan iPhone Ditarik, Ada Apa?)

BlackBerry kemudian menunda kehadiran aplikasi BBM untuk Android dan iPhone. BBM untuk iPhone pun kena getahnya, file instalasinya ditarik dari toko aplikasi App Store.
 
Namun, pengguna iPhone yang sempat mengunduh pada saat BBM lintas platform dirilis masih bisa mengunduh dari App Store dan menggunakan aplikasi tersebut sampai sekarang.

Pengguna iPhone tersebut bisa memakai atau meminjamkan akun Apple ID-nya untuk mengunduh BBM di iPhone pengguna lain. Cara inilah yang kemungkinan dipakai penjual ponsel di Karebosi Link.

Baca juga:
- Menjajal BBM untuk iPhone, http://kom.ps/AF3hFk
- BBM Android-iPhone Gratis, Apa Untung BlackBerry? http://kom.ps/AF3E3T
- BlackBerry Messenger Vs WhatsApp, Bagus Mana? http://kom.ps/AF2wiC
- BBM Android-iPhone Butuh BlackBerry ID, Caranya? http://kom.ps/AF2ulu

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com