Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Cabut Larangan Berbagi untuk Remaja

Kompas.com - 17/10/2013, 14:33 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Facebook akhirnya mengizinkan remaja untuk memublikasi status terkini atau konten lain kepada publik yang lebih luas. Remaja cukup mengatur kolom Audiens untuk menentukan kepada siapa konten tersebut bisa dilihat.

Pengaturan Audiens bagi pengguna dengan rentang usia 13 sampai 17 tahun, awalnya berada pada pilihan "Friends" atau kelompok teman terbatas. Nah, kini ada pillihan agar konten tersebut dapat dilihat oleh "Public".

"Walaupun mungkin tidak banyak anak muda yang ingin posting secara terbuka kepada publik, perubahan ini akan memberi pilihan bagi mereka untuk berbagi secara lebih luas, seperti media sosial lainnya. Remaja ingin didengar," tulis Facebook dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Facebook menegaskan bahwa setiap remaja yang ingin memublikasi konten ke publik bakal mendapat peringatan bahwa publikasi ini bisa dilihat oleh semua orang, bukan hanya teman yang mereka kenal. Di sini juga masih ada pilihan untuk mengubah keputusan.

Selain itu, pengguna berusia 13 sampai 17 tahun juga bisa mengaktifkan pengaturan Followers (tersedia di fitur Privacy Setting) yang memungkinkan seseorang untuk mengikuti publikasi terbuka untuk publik pada halaman News Feed.

Sejak dahulu, Facebook memang selalu memberi pilihan untuk menentukan kepada siapa saja mereka ingin berbagi status ataupun konten. Facebook mengklaim, hal ini dilakukan untuk menghormati privasi pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com