Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Kenalkan Kamera Mirrorless "Full Frame"

Kompas.com - 18/10/2013, 08:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
Sony Sony Alpha a7 (kiri) dan a7R memiliki bentuk fisik yang serupa dan dilengkapi sensor full-frame

KOMPAS.com - Rumor mengenai kamera mirrorless dengan sensor full- frame alias seukuran negatif film 35 mm (36 x 24 mm) dari Sony ternyata benar adanya. Produsen tersebut baru saja memperkenalkan dua model mirrorless bernama Alpha a7 dan a7R.

Sebagaimana dukutip dari PetaPixel, penampilan kedua kamera ini tak jauh berbeda, sama-sama mengusung styling mirip DSLR dengan "punuk" berisi jendela bidik elektronik dan grip yang menonjol. Tubuh keduanya terbuat dari bahan logam magnesium alloy serta dirancang agar tahan cuaca.

Meski tak seringkas kamera seri NEX dari Sony (mirrorless dengan sensor APS-C), ukuran Alpha a7 dan a7R masih jauh lebih mungil dibandingkan kamera DSLR full-frame terkecil semacam Canon EOS 6D atau Nikon D600 sekalipun.

Sony
Bagian atas dan belakang duet kamera mirrorless baru Sony

Perbedaan utama antara Alpha a7 dan a7R tertetak pada jenis sensor yang digunakan. Alpha a7 dipersenjatai sensor 24 megapixel, sementara a7R memiliki sensor 36 megapixel tanpa filter anti-aliasing untuk memaksimalkan ketajaman gambar, mirip dengan yang dipakai kamera DSLR Nikon D800E.

Menariknya, sistem autofokus pada Alpha a7 justru lebih canggih, dengan sistem Hybrid AF yang memiliki 117 titik fokus phase detect. Di sisi lain, Alpha a7R hanya mengandalkan sistem contrast detect tradisional.

Bersama dengan dua kamera ini, Sony turut memperkenalkan jajaran lensa full-frame yang dinamai seri "FE". Model-modelya mencakup tiga lensa berlabel "Zeiss", yaitu 24-70mm F4 (1.200 dollar AS), 35mm F2.8 (800 dollar AS), dan 55mm F1.8 (1.000 dollar AS).

Ada pula lensa telephoto Sony 70-200mm F4 OSS G Series yang belum diketahui harganya, dan Sony 28-70mm F3.5-5.6 OSS yang tersedia sebagai lensa kit.

Sony
Jajaran lensa full-frame yang melengkapi Alpha a7 dan a7R

Pemilik lensa NEX "E-mount" bisa memasangkan lensanya pada kedua kamera ini, tetapi dengan pemotongan (cropping) foto dan resolusi yang dikurangi karena ukuran sensor yang lebih besar daripada bidang proyeksi gambar.

Alpha a7 dan a7R dijadwalkan akan mulai tersedia pada Desember tahun ini, masing-masing dengan harga body only sebesar 1.700 dan 2.300 dollar AS. Alpha a7 juga dijual dalam versi kit dengan lensa 28-70 F3.5-5.6 seharga 2.000 dollar AS.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Sony juga mempekenalkan kamera "super zoom" CyberShot DSC-RX10 yang dipersenjatai sensor 20 megapixel berukuran 1 inci seperti milik kamera saku RX100 Mark II. Di depannya terpasang lensa Carl Zeiss setara 24-200mm dengan bukaan konstan F2.8. Kamera ini dihargai 1.300 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com