Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Desak Produsen Bikin Tablet dan Laptop Murah

Kompas.com - 18/10/2013, 10:24 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, perusahaan semikonduktor Intel terus mendorong para OEM (produsen tablet atau PC) untuk merilis tablet berbasiskan prosesor Intel dengan harga yang lebih terjangkau. Diharapkan, produk jenis ini dapat dibanderol dengan harga kurang dari 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 juta.

Tidak hanya tablet, Intel tengah berupaya agar OEM mau membuat produk laptop dengan harga yang sangat terjangkau.

Dalam konferensi dengan analis, seperti dikutip dari VentureBeat, Kamis (17/10/2013), Brian Krzanich, CEO Intel, berharap para vendor ini menjual laptop berbasiskan prosesor Intel Core generasi ke-4, Haswell, dengan harga mulai dari 300 dollar AS dan 349 dollar AS untuk produk hybrid antara laptop dan tablet.

Sementara, menjelang akhir tahun ini, Krzanich membocorkan bahwa akan ada 8 hingga 10 model perangkat notebook berbasiskan Bay Trail yang dijual di seputaran harga 299 dollar AS.

Sebagai informasi, produk tablet terjangkau dari Intel nantinya akan menggunakan prosesor Atom generasi terbaru, yang memiliki nama kode Bay Trail. Selain tablet, prosesor ini juga akan mempersenjatai laptop murah. Sementara, laptop kelas atas akan bersenjatakan prosesor Haswell.

Lebih lanjut, Krzanich membeberkan, laptop dengan layar sentuh yang dipersenjatai Haswell akan semakin banyak ditawarkan menjelang akhir tahun 2013 ini.

Krzanich berharap, dengan kemampuan hemat daya tahan baterai hingga 50 persen dan peningkatan kemampuan grafis, ditambah dengan harga yang terjangkau, akan menggoda peminat tablet Android dan iOS untuk kembali berpaling ke PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com