Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi KitKat, Google "Belanja" Rp 260 Miliar

Kompas.com - 24/10/2013, 12:44 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

Sumber GigaOM
KOMPAS.com - Google sepertinya belum puas dengan kinerja yang ditunjukkan Android Jelly Bean. Segala upaya dan inovasi dilakukan agar Android versi selanjutnya, KitKat, bisa "berlari" lebih kencang.

Salah satu upayanya adalah membeli sebuah perusahaan startup asal Perancis, FlexyCore, pemilik dan pembuat aplikasi DroidBoster.

Seperti dilansir situs LExpansion, Google rela menggelontorkan uang sebesar 23,1 juta dollar atau sekitar Rp 260 miliar untuk membeli perusahaan yang baru berumur 5 tahun ini.

Apa istimewanya aplikasi DroidBoster tersebut? Aplikasi Android ini disebutkan mampu mempercepat kinerja, baik software maupun hardware yang berbasis Android.

DroidBooster bekerja dengan melakukan optimalisasi kode-kode pemrograman Java yang terdapat di kernel Android. Sebagai informasi, Java merupakan bahasa pemrograman yang menjadi pondasi dari sistem operasi Android.

FlexyCore mengklaim, DroidBooster pernah berhasil membuat Android Froyo bekerja tiga kali lebih cepat.

Pembelian perusahaan ini sebenarnya telah dilakukan setahun yang lalu namun baru terungkap pada Oktober 2013. Tim dari FlexyCore sendiri telah bergabung dengan tim pengembang Android. Sedangkan, aplikasi DroidBooster telah dihapus dari Google Play Store.

Tidak banyak informasi lain soal pengakusisian ini, selain untuk membuat Android bekerja lebih baik.

Android sejauh ini sebenarnya sudah berjalan dengan jalan di perangkat-perangkat high-end. Diharapkan dengan bergabungnya tim dari FlexyCore, perangkat-perangkat low-end juga bisa menjalankan Android lebih kencang dan tanpa lag. Android versi 4.4 atau KitKat dikabarkan bakal mempunyai karakteristik ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GigaOM
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com