Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Air Datang, iPad 2 Kok Bertahan?

Kompas.com - 24/10/2013, 13:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - iPad 2 adalah tablet generasi ke dua dari Apple yang sudah cukup lama beredar, namun perangkat tersebut agaknya masih belum akan ditarik dari pasaran untuk beberapa waktu ke depan.

Menyusul kedatangan iPad Air, Apple mengentikan penjualan iPad generasi ke-4, tapi tidak demikian dengan iPad 2 yang akan terus dijual seharga 399 dollar AS untuk versi 16GB WiFi only.

iPad 2 sendiri pertama kali diperkenalkan dua setengah tahun lalu pada 2011. Perangkat ini memiliki prosesor Apple A5 dan layar 9,7 inci dengan resolusi 1024x768. Perangkat ini tertinggal tiga generasi dari iPad Air yang merupakan iPad generasi ke-5.

Sistem operasi iPad 2 masih bisa diperbarui ke iOS7, meski kinerjanya tak akan sebagus perangkat-perangkat tablet penerusnya.

Langkah Apple mempertahankan iPad 2 sementara penjualan iPad generasi ke-4 dihentikan menimbulkan pertanyaan dari sejumlah pihak. Don Reisinger dari Cnet berspekulasi bahwa hal itu kemungkinan dilakukan untuk mempertahankan profit.

Model-model iPad yang lebih baru (iPad generasi ke-3 dan ke-4) yang mengusung tipe layar retina display lebih mahal untuk diproduksi. Apabila harga iPad baru ini terpaksa dikurangi karena kedatangan iPad Air, margin profit Apple akan berkurang.

Solusinya adalah dengan mempertahankan iPad 2 di lini produk Apple. Tablet ini bukan hanya memberikan pilihan pada konsumen yang tak sanggup membelanjakan lebih dari 500 dollar untuk iPad Air, melainkan juga memaksimalkan margin untuk Apple dari tiap iPad 2 yang terjual.

Di samping iPad Air dan iPad 2, Apple juga mempertahankan iPad Mini generasi pertama. Secara keseluruhan, saat ini terdapat empat produk dalam jajaran tablet Apple. Rincian harganya bisa dilihat pada gambar di bawah.

The Verge
Jajaran produk iPad dari Apple
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com